Beauty

6 Tips Untuk Menyempurnakan Rutinitas Perawatan Rambut Kamu!

  by: Astriana Gemiati       5/2/2022
  • Sudah coba tujuh perawatan rambut yang sedang tren di tahun 2022 ini? Kalau belum, well, kamu wajib coba rutinitas hair care yang baik, yang akan memastikan rambut kamu tetap ternutrisi, sehat, bebas kusut, dan tentu saja kuat. 


    Seperti yang kita ketahui, dasar-dasar membangun rutinitas perawatan rambut terletak pada mencuci, mengeringkan, dan menata rambut, dan juga banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan untuk membuat rambut terlihat sehat, tebal, dan berkilau. Meskipun tidak memerlukan selusin produk dan alat untuk mendapatkan rambut yang kamu inginkan tersebut, namun ada banyak perawatan rambut yang harus dimiliki karena menggunakan produk sampo saja tidak cukup.




    Kalau kamu menginginkan hasil maksimal untuk rambutmu, berikut enam tips untuk sempurnakan rutinitas perawatan rambut kamu.


    1. Kenali jenis rambut kamu

    Setiap orang memiliki rambut yang berbeda dan sering kali perlu dirawat dengan cara yang berbeda pula. Pelajari jenis rambut apa yang kamu miliki untuk menciptakan rejimen perawatan rambut terbaik. Coba beberapa hari tampil dengan rambut alami, yang artinya kamu tidak menggunakan produk apa pun dan amati seperti apa kecenderungan rambut kamu. Dan, kamu mungkin akan menemukan bahwa jenis rambut kamu cenderung lebih halus, tebal, atau kasar, dan apakah termasuk dalam salah satu dari empat kategori seperti lurus, bergelombang, curly, atau keriting.


    Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Misalnya, rambut lurus biasanya terlihat dan terasa lebih cepat berminyak daripada rambut keriting karena minyak dengan cepat turun ke batang rambut. Setelah kamu mengetahui jenis rambut, selalu perlakukan rambut sesuai dengan tipe rambut tersebut. Ingat, rambut kamu kemungkinan akan bereaksi berbeda dari rambut teman kamu terhadap produk dan perawatan tertentu.


    2. Seberapa sering kamu harus mencuci rambut?

    Sampo akan bantu menghilangkan minyak esensial, residu, dan menjaga kelembapan yang dibutuhkan agar rambut agar tetap terhidrasi. Jika kamu termasuk dalam salah satu kategori di bawah ini, kamu dapat mempertimbangkan seberapa sering mencuci rambut dengan sampo:

    a.) Berminyak

    Rambut berminyak cenderung menarik kotoran dan polusi. Hal ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan perkembangan kondisi lain seperti ketombe. Faktor usia, gen, gaya hidup, dan perubahan hormonal menentukan seberapa berminyak kulit kepala kamu. That’s why kamu sering mengalami rambut capek dan perlu untuk mencuci rambut hampir setiap hari.

    b.) Rambut halus dan lurus

    Semakin lurus rambut, bisa jadi semakin berminyak nantinya. Rambut halus dan lurus perlu dicuci lebih sering dibandingkan dengan rambut bertekstur atau keriting.

    c.) Sering beraktivitas di luar ruangan

    Jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan hingga membuat kamu sering alami rambut rusak dan butuh kembali ke-charged, maka kamu harus mencuci rambut lebih sering karena kulit kepala sudah terpapar oleh debu, sinar matahari, dan polusi.

    d.) Gaya Hidup

    Jika kamu adalah seseorang yang sering bepergian atau sering berolahraga secara teratur, kulit kepala mungkin akan terasa lebih berkeringat. Dan, saran Cosmo rambut kamu perlu dicuci setiap satu atau dua hari.


    3. Tambahkan suplemen rambut, karena sampo saja tidak cukup!

    Sementara pilihan produk individu akan bervariasi berdasarkan jenis rambut kamu, ada beberapa langkah penting yang harus ada dalam rutinitas perawatan rambut setiap orang. Well, perlu diingat memasukkan langkah-langkah tambahan akan bantu menargetkan masalah rambut tertentu dalam mengatasi rambut kering atau rusak.


    So girls, menggunakan produk sampo saja tidak cukup untuk merawat rambut agar tetap senantiasa sehat dan terkunci kelembapannya. Coba tambahkan suplemen rambut setelah habis keramas. Kamu bisa lanjutkan dengan menggunakan Miracle Hair Supplement dari label perawatan rambut PANTENE yang hadir dalam dua varian, yakni Collagen Repair (untuk memperbaiki rambut rusak) dan Biotin Strength (untuk mengatasi kerontokan).



    Untuk varian PANTENE Miracle Hair Supplement Collagen Repair, produk ini memiliki formula Pro-Vitamin B5 dan kolagen, yang berkhasiat memberikan manfaat pada folikel rambut dan memperkuat helai rambut, serta berikan perlindungan menyeluruh daan memperbaiki rambut rusak.


    Sedangkan PANTENE Miracle Hair Supplement Biotin Strength hadir dengan paduan Pro-Vitamin B5 dan Biotin, yang bekerja bantu atasi kerontokan karena patah, memperbaiki kerusakan, menutrisi, sekaligus mengembalikan kilaunya.


    Tips pakai: Aplikasikan pada rambut dengan kondisi lembap setelah sehabis keramas dengan sampo. Lalu, bilas sampai bersih. Bisa digunakan setiap hari.


    Harga: PANTENE Miracle Hair Supplement, Rp27.000,-/150ml.


    4. Nutrisi tambahan

    Yup, Cosmo setuju menggunakan masker rambut secara berkala tak hanya bantu melembapkan, menutrisi, dan merehidrasi rambut kering, namun juga dapat mempertahankan warna pada rambut berwarna. Dan, yang terakhir juga menjaganya agar rambut tampak berkilau dan tidak mudah kusut.


    Aplikasikan masker rambut satu kali seminggu dari PANTENE Miracle Supplement Hair Mask Biotin Strength atau Collagen Repair (tersedia dalam kemasan box dan sachet) pada kondisi rambut lembap, lalu diamkan selama tiga menit, kemudian bilas hingga bersih.





    Buat kamu yang fokus untuk mengatasi rambut rontok karena patah, PANTENE Miracle Supplement Hair Mask Biotin Strength bisa jadi pilihan. Difomulasikan dengan manfaat biotin yang menjadi vitamin penting dalam menutrisi rambut, dan bantu buat struktur rambut lebih kuat, serta menjadikannya tampak indah.


    Sedangkan untuk kamu yang memiliki masalah dengan rambut kering, coba PANTENE Miracle Supplement Hair Mask Collagen Repair. Hadir dengan formula Pro-V dan suplemen kolagen, yang bermanfaat bantu berikan nutrisi, merawat, dan memperbaiki rambut rusak.


    Harga: PANTENE Miracle Supplement Hair Mask Rp 47.400,-/box isi 6 sachet; serta Rp7.000,-/60ml (1 sachet).


    5. Keringkan dan tata rambut kamu

    Setelah mencuci rambut, biasakan untuk mengeringkan rambut dengan menggunakan handuk non-mikrofiber untuk menyerap kelebihan air. Dan, tentu saja hindari menggosok rambut kamu, ya! 


    Jika kamu harus menggunakan hair dryer atau diffuser, Cosmo sarankan untuk mengaplikasikan hair protectant terlebih dahulu dan keringkan. Gunakan paddle brush atau round brush untuk menata rambut kamu.


    6. Kenakan topi saat kamu keluar

    Last but not least… Sinar matahari diketahui dapat merusak rambut juga! Selain itu, polusi dan kotoran dapat menumpuk di kulit kepala yang hingga bisa membuatnya cepat kotor dan gampang lepek. So, kamu bisa gunakan pilihan aksesori topi sebagai opsi dalam merawat rambut! 



    Cosmo babes, itulah urutan rutinitas perawatan rambut kamu. Ingat, konsistensi adalah kunci untuk mendapatkan rambut sehat dan tampak berkilau #RambutTanpaBatas.



    ( Astriana Gemiati / Image: Dok. PANTENE, Dok. Freepik.com / Layout: Rhani Shakurani )