Better You

Wow! Inilah Alasan Mengapa Makan Cokelat Bisa Buat Bahagia

  by: Fariza Rahmadinna       1/2/2022
  • Apakah kamu suka makan cokelat? Jika ya, ternyata ini bagus untukmu, lho! Pasalnya, menurut banyak ahli gizi dan kesehatan serta segudang penelitian, makan cokelat (dalam jumlah yang wajar) sebenarnya dapat memberikan manfaat bagi tubuh, salah satunya dapat meningkatkan suasana hati (mood). Hal ini karena,cokelat mengandung sejumlah senyawa yang dipercaya dapat meningkatkan suasana hati.


    Berikut ini adalah beberapa senyawa yang menjadi alasan mengapa cokelat seharusnya menjadi your new best friend. Keep scrolling!




    1. Phenylethylamine (PEA)



    Senyawa pertama yang terkandung dalam cokelat yang disebut-sebut dapat meningkatkan suasana hati adalah phenylethylamine. Menurut studi tahun 2018 dalam jurnal Frontiers in Pharmacology, Phenylethylamine (PEA) adalah senyawa yang dilepaskan otak saat kamu sedang jatuh cinta dan merupakan antidepresan alami yang kuat. Jadi, ketika tingkat phenylethylamine dalam tubuh tinggi, hal tersebut dapat mengurangi depresi dan meningkatkan suasana hati.


    Selain itu, menurut penelitian lain tahun 2013 yang diterbitkan di jurnal Biomed Central, Phenylethylamine dapat memicu pelepasan endorfin dan meningkatkan aktivitas dopamin dan serotonin, yang membuat kamu merasa lebih baik.


    2. Kafein


    Dikutip dari laman Harvard T.H. Chan School of Public Health, dalam 100 gram dark chocolate terdapat sekitar 24 mg kafein. Jumlahnya memang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan satu gelas espreso yang mengandung sekitar 80 hingga 100 mg kafein. Meskipun begitu, kafein dalam cokelat dinilai sudah cukup untuk membantu mengurangi kecemasan, meningkatkan energi, dan meningkatkan suasana hati.


    3. Theobromine


    Berdasarkan studi tahun 2015 dalam jurnal Frontiers in Pharmacology, senyawa theobromine memiliki efek yang mirip dengan kafein – tetapi efeknya lebih lemah – yakni dapat memblokir reseptor adenosin, yang membuat kamu lebih bersemangat, merasa lebih baik, dan tidak mudah merasa lelah.


    4. Magnesium


    Menurut studi tahun 2016 dalam International journal of food sciences and nutrition, cokelat mengandung sejumlah magnesium, sekitar 65 mg magnesium dalam 100 gram dark chocolate, yang dapat membantu memberikan ketenangan, selain dapat mengurangi kecemasan dan membantu meredakan kram perut akibat PMS.


    5. Tryptophan


    Dikutip dari laman Kanal Pengetahuan dan Informasi Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada, fakta bahwa cokelat dapat meningkatkan suasana hati erat kaitannya dengan kandungan asam amino tryptophan yang digunakan otak untuk menghasilkan serotonin, hormon yang dapat memberikan perasaan bahagia, membuat rileks, dan membantu memperbaiki suasana hati.


    6. Polifenol


    Mengonsumsi makanan kaya polifenol, salah satu jenis antioksidan, dikaitkan dengan peningkatan suasana hati. Nah, cokelat diketahui mengandung sejumlah polifenol di dalamnya. Kandungan polifenol dalam cokelat bisa bervariasi, tetapi semua jenis cokelat mengandung jenis antioksidan ini. Studi terbaru tahun 2020 dalam International journal of molecular sciences, melaporkan bahwa jenis antioksidan ini dapat membantu meningkatkan suasana hati, lebih rileks, melindungi sel-sel dari radikal bebas, memperlambat penuaan, dan membantu meningkatkan konsentrasi untuk membuat lebih fokus. Bahkan, dikutip dari laman Perpustakaan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, polifenol dalam cokelat mempunyai sifat anti depresi yang dapat mengurangi stres dan perasaan cemas.


    Selain dapat meningkatkan suasana hati, cokelat juga dianggap dapat memberikan manfaat luar biasa lainnya, meliputi:


    1. Menurunkan risiko penyakit jantung


    Tak hanya kaya akan polifenol, cokelat juga kaya akan flavanol, jenis antioksidan lain yang telah terbukti memiliki manfaat kesehatan, terutama terkait dengan pencegahan penyakit jantung. Faktanya, satu studi tahun 2019 dalam jurnal Heart, menyimpulkan bahwa makan hingga 300 gram cokelat setiap minggu dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular.


    Tapi hati-hati, meski makan cokelat terbukti memiliki manfaat kesehatan, bukan berarti makan lebih banyak cokelat akan memberikan lebih banyak manfaat, ya. Alih-alih memberikan lebih banyak manfaat, makan lebih banyak cokelat justru bisa membuat kamu kehilangan manfaatnya, karena asupan gula dan kalori yang lebih tinggi. Dengan kata lain, maaf, lebih banyak cokelat tidak memberikan manfaat lebih banyak.


    2. Melindungi kulit dari sinar matahari


    Kandungan antioksidan yang tinggi dalam cokelat tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi juga kulit. Bagaimana tidak, menurut penelitian tahun 2006 dalam Journal of Nutrition, senyawa flavanol dalam cokelat dapat melindungi diri dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit, meningkatkan skin density dan hidrasi kulit. Kombinasikan dengan penggunaan sunscreen dan skincare lainnya untuk melindungi kulit dari kerusakan secara maksimal.


    3. Meningkatkan fungsi otak


    The good news isn’t over yet. Ternyata, cokelat juga telah terbukti dapat meningkatkan fungsi otak. Seperti yang ditunjukkan pada sebuah penelitian tahun 2004 yang diterbitkan di jurnal Psychopharmacology, flavonoid dalam cokelat dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan fungsi kognitif. Jadi, sudah makan cokelat hari ini?






    (Fariza Rahmadinna/VA/Image: Doc. RODNAE Productions on Pexels)