Better You

Ini Alasan Jadwal Menstruasi Kamu Sering Bareng sama Sahabat!

  by: Giovani Untari       2/2/2022
  • Apabila kamu pernah tinggal di sebuah rumah / kost / asrama yang diisi oleh banyak perempuan, kamu pasti sering merasakan adanya lonjakan hormon yang melanda tempat tersebut setiap bulannya. Tapi uniknya lagi, tinggal bersama dengan para perempuan lainnya juga membuat jadwal menstruasi kalian jadi berdekatan satu sama lain.

    Kamu jadi menyadari bahwa tidak hanya kamu yang sedang menstruasi, tetapi saudara perempuan / sahabat baik / teman kostmu juga berada di kondisi yang sama!




    Tetapi mengapa hal ini bisa terjadi? Apalagi jadwal mestruasi jelas bukan sesuatu yang bisa kita atur kapan datangnya, bukan?

    Well, meski menyenangkan memiliki teman untuk saling menguatkan satu sama lain di kondisi nyeri secara fisik dan emosional, kamu pasti tetap penasaran bagaimana bisa ini terjadi. Ini jelas sesuatu di luar imajinasi tapi juga bukan sekadar mitos belaka.




    Sebuah studi ilmiah sejak tahun 1971 telah menganalisa secara berturut-turut siklus menstruasi dari 135 perempuan Amerika yang tinggal bersama di sebuah asrama. Studi tersebut lantas menemukan meningkatnya jumlah kesamaan jadwal menstruasi dari perempuan yang ada di sana. Tapi apa penyebabnya?


    Hal tersebut ternyata terjadi karena adanya sinkronisasi sosial yang kerap terjadi di antara kumpulan perempuan dan juga hewan betina. Menurut Sydney Morning Herald, saat para perempuan berada di sebuah grup atau tinggal bersama mereka menjadi reseptif secara seksual.





    Dalam dunia hewan, reseptif seksual tersebut mencegah pejantan dominan untuk mengambil kendali penuh atas betinanya. Jadi tubuh perempuan pun berevolusi dan menciptakan fitur pelindung agar memastikan kita tidak diperlakukan sebagai objek oleh lawan jenis karena hanya kita satu-satunya yang sedang menstruasi.


    Itu artinya, mulai saat ini akan selalu ada kesempatan makan es krim lebih banyak bersama sahabat atau saudaramu saat sedang PMS. Cheers, love!



    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Elina Fairytale from Pexels, KoolShooters from Pexels, Polina Tankilevitch from Pexels).