Better You

Biar Tak Gampang Lupa, Lakukan 6 Tips Ini Untuk Tingkatkan Memori

  by: Fariza Rahmadinna       4/2/2022
  • Ayo ngaku, siapa yang masih sering lupa membawa satu atau dua barang penting? Atau bahkan suka lupa menaruh kunci? Ternyata, seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan daya ingat bisa menurun – dan ini adalah hal yang wajar.


    Lalu, apakah kita bisa meningkatkan daya ingat? Jawabannya, tentu saja bisa! Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu meningkatkan daya ingat. Berikut ini beberapa tips penting yang dapat membantu meningkatkan daya ingat kamu, keep scrolling!




    1. Fokuskan perhatian kamu



    Perhatian adalah salah satu komponen utama dari memori. Supaya informasi yang kamu dapatkan berpindah dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang, kamu harus fokuskan perhatianmu ke informasi tersebut. Cobalah untuk mempelajari informasi tersebut di tempat yang bebas dari gangguan seperti televisi, musik, dan hal lainnya, yang bisa mengganggu fokus kamu.


    2. Gunakan semua indra untuk mengingat sesuatu


    Studi tahun 2004 dalam jurnal Nature, menunjukkan bahwa ingatan tersebar di seluruh pusat sensorik otak yang diatur oleh bagian otak yang disebut hippocampus. Namun, jika salah satu indra dirangsang untuk membangkitkan ingatan, ini dapat memicu ingatan lain di indra lainnya. Inilah mengapa saat kamu mencium suatu hidangan favorit, kamu dapat mengingat tempat di mana pertama kali kamu membeli hidangan tersebut. Jadi, saat mempelajari informasi baru, cobalah gunakan semua indramu. Ini dapat membantu kamu mengingat informasi tersebut.


    3. Rutin melakukan aktivitas fisik


    Lakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik intensitas ringan ke sedang per minggu, atau 75 menit aktivitas fisik intensitas berat per minggu. Dikutip dari laman Eat This, menurut Ryan Glatt, MSc, personal trainer dan brain-health coach, melakukan aktivitas fisik atau olahraga telah terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dalam berbagai aspek, termasuk memori, fokus, perhatian, dan kecepatan pemrosesan. Ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah penyakit demensia dan Alzheimer, serta mencegah penurunan kemampuan kognitif. Lebih lanjut, sebuah penelitian tahun 2017 dalam jurnal BMC Psychiatry, yang meneliti efek dari program latihan aerobik pada orang dengan gangguan memori menemukan bahwa program latihan aerobik selama 12 minggu dapat membantu meningkatkan daya ingat dibandingkan dengan orang tidak mengikuti program.


    4. Tidur yang cukup!


    Sebagaimana diketahui, tidur yang cukup berkontribusi terhadap banyak manfaat kesehatan, termasuk bisa membantu meningkatkan daya ingat. Faktanya, menurut satu penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014 di jurnal Science, tidur dapat membantu mengingat dengan lebih baik dan belajar lebih cepat. Hal ini terjadi karena tidur memperkuat koneksi saraf yang membentuk ingatan, sedangkan kurang tidur membuat saraf-saraf bekerja terlalu keras dan tidak lagi berfungsi dengan baik, sehingga memengaruhi cara kamu memproses informasi dan kemampuan kamu untuk mengingat atau belajar.


    5. Get Organized!


    Kamu akan lebih sulit mengingat hal-hal yang perlu kamu perhatikan atau mengingat di mana terakhir kali kamu meletakkan barang-barang jika tidak mengorganisir-nya dengan baik. Dikutip dari Mayo Clinic, menuliskan tugas atau janji di buku catatan, kalender, atau electronic planner dapat membantu kamu memperkuatnya dalam ingatan. Ini juga berlaku untuk barang-barang penting di rumah, siapkan tempat untuk mengorganisir dompet, kunci, dan barang lainnya, yang bisa membuat kamu lebih mudah menemukan barang-barang tersebut. Jadi tidak ada lagi deh, kelupaan menaruh barang.


    6. Coba meditasi mindfulness


    Pada kenyataannya, stres telah terbukti dapat mengganggu ingatan. Dikutip dari Very Well Mind, saat stres, orang menjadi lebih sulit untuk menciptakan ingatan jangka pendek dan mengubahnya menjadi ingatan jangka panjang, artinya ini bisa membuat kamu lebih sulit untuk mempelajari informasi baru dan mengingatnya.


    Namun ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengelola stres. Salah satunya yaitu dengan mempraktikkan latihan meditasi mindfulness. Berdasarkan sebuah penelitian tahun 2017 dalam jurnal Clinical Gastroenterology, melakukan latihan meditasi mindfulness dapat membantu merangsang ingatan, tidak hanya dengan mengurangi stres, tetapi juga dengan meningkatkan kualitas tidur yang baik.




    (Fariza Rahmadinna/VA/Image:Doc. Kelly Sikkema on Unsplash)