Love & Sex

11 Arti Isi Chat Para Pria yang Perlu Kamu Ketahui!

  by: Giovani Untari       5/2/2022
  • What does a guy mean when he texts…

    Apa yang kamu dapatkan ketika menggabungkan Carrie Bradshaw dengan Dr. Phil? Penulis, dating coach, dan kolumnis Cosmo Love Shallon Lester (@ShallonXO) tanpa basa-basi mengungkap isi di balik pesan para pria. Terutama bagi kamu yang sering bingung apa makna dan kode sebenarnya dari pesan tersebut?

    Apakah ia serius dengan kamu? Atau sebaliknya... ia hanya menjadikan kamu sebagai pelariannya? Mari kita mulai 'membedah' isi chat para pria tersebut:




    1. “Hey, what’s up?” ia muncul setelah selama enam bulan terakhir kamu tidak berkomunikasi dengannya.

    Artinya: Hey akhir-akhir ini saya tidak mendapat perhatian dari kamu, dan kamu terlihat masih terobsesi dengan saya. Jadi ini dia cara pendekatan termudah untuk kembali menaklukkan kamu.

    Pesan ini bisa muncul entah karena ia sedang merasa kesepian dan berpikir kamu adalah target yang mudah baginya. Atau karena kamu mengalami putus cinta / situasi ghosting yang mengerikan dan ia ingin memastikan bahwa kamu tidak membencinya. Tidak peduli apapun motivasinya, sebaiknya jangan meresponnya pesannya!

    Sebab dengan membalasnya, kamu akan terlihat seperti sosok yang tidak punya pendirian dan membuka kesempatan untuk berhubungan kembali dengannya. Ingat betapa menyakitkannya saat hubungan dan komunikasi kalian berakhir. 


    Jika kamu memang ingin membalasnya, tetaplah berhati-hati sebab ada kemungkinan ia justru tidak akan membalas kamu! Pria ini bisa saja hanya ingin tahu apakah ia masih memiliki peluang untuk berhubungan dengan kamu. So, apapun balasanmu (bahkan pesan dengan kalimat kejam sekalipun!) hanya akan membuatnya merasa, “Yeah, ternyata ia masih peduli kok sama saya.”


    2. Membalas “hi” kepada pesan kamu lima hari yang lalu.

    Artinya: Saya ingin mendapat perhatian tapi dengan usaha yang minimal. Jadi saya hanya perlu mengirim pesan berisi dua huruf dan saya tahu kamu pasti akan membalasnya.

    Penting untuk mengingat bahwa tak ada satu pun orang yang “bad texter”- sebab sebenarnya mereka hanya tidak tertarik pada kita. Saya memiliki aturan 24 jam: di mana jika ia tidak membalas pesan saya dalam kurun waktu satu hari, maka saya akan memblokirnya. Tidak ada perpisahan yang dramatis, tidak lagi ada telepon untuknya, dan waktunya bersikap sedikit kejam. 

    Okay, mari kita ingat kapan terakhir kamu benar-benar tidak melihat ponsel selama 24 jam? Tidak pernah, bukan? Jadi jika seorang pria sudah melihat pesan kamu dan memutuskan bahwa kamu bukanlah prioritasnya, well buddy, mari kita lakukan hal yang sama untuknya!


    3. “Good morning, princess” di jam tujuh pagi.

    Artinya: Saya ingin kamu tahu, bahwa kamu adalah prioritas saya.

    Cute! Sungguh menyenangkan saat mengetahui bahwa kita menjadi orang pertama yang ia pikirkan ketika bangun tidur.



    4. "Good morning, princess” tapi pesan ini baru ia kirim jam 11 siang.

    Artinya: Kamu tetap menjadi prioritas-sama halnya dengan pekerjaan saya.

    Tetap cute! Jangan terlalu menerapkan aturan kapan waktu pasti si dia harus mengirimkan pesan untuk kamu. Pagi hari bisa menjadi waktu yang sangat sibuk dan setiap orang memiliki ritme harian yang berbeda.


    5. Kamu memberitahunya akan pergi ke sebuah acara. Tetapi ia baru mengirimkan pesan yang berbunyi “Hai, bagaimana acaranya semalam?”, sore hari setelahnya.

    Artinya: Saya menghargai waktu kamu bersama teman / keluarga / rekan kerja dan saya khawatir kamu melakukan sesuatu yang kurang menyenangkan saat tidak bersama saya.

    Kamu mungkin berharap ia akan mengirim pesan selama acara, tetapi memberi jeda waktu sejenak dalam berkomunikasi sebenarnya adalah sesuatu yang baik. Seorang pria yang terus mengirim pesan saat kamu pergi ke suatu tempat awalnya mungkin terlihat cute, tetapi ini juga bisa menjadi indikasi bahwa ia sedang bersikap jealous dan memiliki kecenderungan ingin mengontrol kamu.


    6. “Saya terlalu sibuk untuk mengobrol karena urusan (pekerjaan, keluarga, teman)”, begitu isi pesannya lengkap dengan emoji kiss face.

    Artinya: Saya tidak tertarik pada kamu tapi tidak bisa mengakhiri ini semua. Sebab jika merasa bosan atau kesepian, saya bisa kembali menghubungi kamu.

    Ia mungkin benar-benar sibuk... tapi dengan perempuan yang lebih ia sukai daripada kamu. Tidak ada seorang pun yang akan terlalu sibuk untuk orang yang berharga bagi mereka!

    Banyak pria yang memiliki pekerjaan, keluarga, dan tentu saja teman, tetapi mereka tetap bisa membagi waktunya untuk sang kekasih bahkan istri dan anak-anaknya. Jadi, jika kamu memang termasuk orang penting dalam hidupnya maka ia pasti akan berusaha menemukan cara agar kalian selalu bersama. Namun apabila sebaliknya, maka pria ini mungkin akan lebih sering mencari alasan dan menghindar.


     


    7. “Ketimbang kita pergi ke luar, bagaimana kalau malam ini kamu yang datang ke sini?” isi pesannya saat kamu berencana mengajaknya pergi makan siang.

    Artinya: Saya merasa malas, jadi ini dia ide kencan dari saya.

    Nope. Ia sedang berusaha mengambil kesempatan dari sebuah ajakan kencan menuju ke skenario Netflix ‘n’ chill yang sesungguhnya. Buruknya lagi dengan usaha yang minim dan tidak elegan.

    Bahkan meski sebenarnya kamu tidak masalah jika ia menolak ajakan makan makan siang tersebut, penting untuk tetap pada rencana dan pendirian kamu agar si dia tahu bahwa:



    1) Kamu tidak bisa seenaknya mengubah jadwal seperti apa yang ia inginkan, sebab kamu juga sangat sibuk.

    2) Para pria harus tahu tentang betapa pentingnya sebuah komitmen. Meski ini hanya sekadar ajakan makan siang, tetapi kalau ia tidak bisa berkomitmen pada hal sederhana apalagi kelak untuk hal yang lebih besar, bukan?


    8. Saat kamu bertanya apakah jadwalnya kosong minggu depan, ia hanya membalas “mungkin”.

    Artinya: Saya memiliki tiga perempuan yang saya incar dan lima orang teman lainnya yang harus saya temui. Tetapi kalau mereka membatalkan jadwalnya, saya baru bersedia pergi hang out bersama kamu.

    Jangan pernah mau menjadi salah satu dari sekian pilihan atas hidup orang lain dan jangan pernah memaklumi saat seseorang terlalu sibuk hanya untuk sekadar membalas ya atau tidak dari ajakan kamu. Apabila seseorang meyukai kamu, ia akan bersedia dan mau menerima setiap ajakanmu.  Jika sebaliknya atau ia terlihat ragu, hmmm.. kamu mungkin hanya akan menjadi cadangan saja.


    9. “Jadi sepertinya kita harus menunda rencana hari ini, ada sesuatu yang terjadi. Apakah kamu free besok?”... pesannya satu jam sebelum kencan kalian.

    Arti 1: Ada sesuatu yang terjadi tetapi saya ingin memastikan bahwa kamu adalah prioritas saya, jadi mari kita reschedule kencan ini.

    Atau

    Arti 2: Perempuan yang match dengan saya di Tinder terlihat lebih mudah dirayu untuk diajak Netflix ‘n’ chill.

    Hal satu ini sebenarnya cukup tricky. Bisa saja ia membatalkan rencana kalian karena memang ada situasi penting soal pekerjaannya / keluarganya. Atau bisa jadi karena ia bertemu dengan sosok perempuan lain di tempat hang out favoritnya. Mari perhatikan kebiasaannya, babes! Apakah ia sering membatalkan rencana kalian dengan tidak sopan? Atau karena tuntutan pekerjaannya yang membuatnya menjadi seperti ini?

    Apabila ia sudah sering membatalkan janji dengan alasan yang tak pasti maka jawabannya adalah tidak, kamu tidak free besok hari! Apalagi kalau ia membatalkannya secara tiba-tiba dan tanpa ada obrolan atau rencana untuk melakukan reschedule, kamu sebaiknya tidak perlu berurusan lagi dengan pria ini.


    10. “Apakah kamu free hari Jumat nanti untuk pergi makan malam?” ia mengirim pesan chat ini di hari Senin pagi.

    Artinya: Apabila saya tidak segera membuat janji kencan dengannya, bisa saja pria lain yang akan mengambil kesempatan ini.

    We love a man with a plan! Ini menunjukkan bahwa ia menghargai waktumu dan menyadari bahwa kamu adalah sosok incaran para pria selain dirinya. Pria senang ‘berburu’ dan seorang pemburu yang cerdas tahu kalau ia tidak segera beraksi, maka pemburu lain akan mengambil incarannya tersebut.




    11. “Hello.. bagaimana harimu?” si dia mengirim pesan ini hari Rabu, jam dua siang.

    Artinya: Kita berdua sibuk tapi kamu selalu ada di pikiran saya.

    Kita semua adalah boss babes dengan jutaan pilihan dan aktivitas dalam hidup, jadi seorang pria cerdas harus tahu apa yang ia lakukan pada kita. Meski sedang berada jauh, ia pasti akan tetap memperhatikan kamu.

    Tentu, kamu juga tidak ingin sebuah hubungan yang hanya terjalin berdasarkan pesan semata. Tetapi berbagai pesan dari si dia tersebut dapat membantu menjaga hubungan tetap penuh spark sampai kalian berdua bertemu kembali. Saat kamu membalas pesannya, ingat untuk menyimpan semua cerita terbaik untuk momen kencan kalian. Dan tidak ada salahnya sesekali membalasnya dengan pesan, “Saya cukup lelah dengan semua pekerjaan ini! Tapi saya free kok besok untuk makan malam ;).”




    (Artikel ini disadur dari COSMO MIDDLE EAST AUTUMN 2021 / Alih Bahasa: Giovani Untari / Images: cottonbro from Pexels, Sora Shimazaki from Pexels, Tim Douglas from Pexels, Thirdman from Pexels).