Better You

Rutinitas Pagi Hari Agar Lebih Produktif

  by: Haninadhira Husaini       15/2/2022
  • Cosmo babes, jangan pernah remehkan rutinitas pagimu, lho! Karena cara kamu menjalani rutinitas pagi hari sangat berdampak terhadap suasana hati kamu sepanjang hari. Selain karena kamu mengisi kembali energi setelah tidur semalaman, tapi ternyata kegiatan yang kamu lakukan juga dapat menentukan mood dan tingkat produktivitas kamu pada hari itu. Maka dari itu, memiliki rutinitas pagi yang baik adalah salah satu kunci kesuksesan harianmu. Walaupun kondisi dan prioritas setiap orang pasti berbeda, namun tujuan utama memiliki rutinitas pagi ini bukanlah untuk terpaku pada sebuah jadwal ketat melainkan mencoba beberapa hal yang kamu rasa bekerja dengan baik untukmu. Yuk, coba intip beberapa kegiatan berikut ini!

    Ciptakan waktu tidur


    Memiliki waktu tidur yang cukup itu sangat berpengaruh kepada kualitas tidur kamu, lho!
    Tidur sekitar 7-9 jam merupakan waktu yang ideal untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jika misal kamu tidur sekitar jam 10 malam, kamu bisa set alarm kamu di jam 6 pagi untuk mendapatkan waktu tidur selama 8 jam. Dengan memiliki kualitas tidur yang baik, membuat kamu akan lebih semangat menjalani hari dan berpengaruh kepada aktivitas yang kamu jalankan. Oh ya, hindari snooze alarm kamu! Karena dengan menunda-nunda waktu bangun kamu, akan membuat kamu bangun dengan perasaan malas.



    Rapihkan kasur


    First thing first! Rapihkan kasur merupakan salah satu komponen penting di pagi hari untuk memulai aktivitas. Selain membuat kamar kamu terlihat rapih, dengan merapihkan kasur akan menghindari kamu untuk kembali tiduran ke kasur dan bermalas-malasan.


    Buka jendela kamar


    Yup! Sinar matahari pagi yang dapat membangunkan dan udara segar yang dapat menyegarkan tubuh sehingga membangkitkan semangat kamu untuk menjalani aktivitas. Small things really matter, ladies!

    Sarapan


    Don’t skip your breakfast, babes! Karena salah satu manfaat sarapan pagi adalah sebagai sumber energi, sehingga sangat penting untuk mengkonsumsi makanan di pagi hari untuk memulai hari kamu. Selain itu, sarapan pagi juga dapat membantu kerja otak menjadi lebih baik. Ahli dari Universitas Swansea, Wales, membuktikan bahwa siswa yang selalu sarapan di pagi hati, 22 persen lebih pintar dibandingkan dengan siswa yang tidak sarapan.



    Membuat to-do list


    Dengan membuat to-do list, kamu bisa mengetahui mana saja pekerjaan yang penting harus dilakukan hari itu dan kamu bisa menjalankan hari dengan lebih terstruktur. Selain itu, dengan membuat to-do list juga dapat menghindari kamu untuk menunda pekerjaan karena ketika kamu melihat list yang kamu buat, akan lebih mendorong kamu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Pssst, kalau bisa, kerjakan pekerjaan yang paling susah terlebih dahulu. Karena rasa pencapaian yang kamu rasakan setelah menyelesaikannya akan membuatmu lebih termotivasi untuk mengerjakan hal-hal lain.

    Olahraga


    Olahraga pagi itu dapat membantu kamu meningkatkan fokus saat bekerja di siang hari, lho! Studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine menemukan, olahraga pagi meningkatkan daya tangkap, visual, dan kemampuan pengambilan keputusan. Dengan kata lain, olahraga pagi dapat meningkatkan kemampuan kognitif kamu sepanjang hari. Cosmo tahu, keinginan untuk olahraga tidak datang setiap hari. Tetapi, kamu tidak harus melakukan olahraga berat, kok. Olahraga dengan intensitas rendah seperti yoga atau jalan pagi tetap bisa memberi keuntungan yang sama.

    Mandi


    Dengan mandi di pagi hari, kamu akan merasa lebih segar sehingga dapat memulai aktivitas dengan penuh energi. Take your time, and enjoy your bath to start the day.


    (Haninadhira Husaini / Image: Dok. Miriam Alonso, Acharaporn Kamornboonyarush, cottonbro, Tatiana, Alexander Mils, Ivan Samkov, Ron Lach on Pexels)