Celebrity

Cinta Laura Meluncurkan Gerakan Sosial bertajuk #ActofLove

  by: Haninadhira Husaini       16/2/2022
  • Tak terasa bahwa sang multi-talented entertainer, Cinta Laura Kiehl, telah berkarya di industri hiburan tanah air selama lebih dari lima belas tahun. Yup, untuk merayakan pencapaian tersebut, Cinta Laura mewujudkan kepeduliannya terhadap Indonesia dengan memprakarsai gerakan bernama #ActofLove #AoLKiehlers. Bertepatan dengan momentum Hari Kasih Sayang, Cinta Laura mengajak anak muda, khususnya Gen-Z dan Alpha untuk menyebarkan positive values and actions di beberapa aspek kehidupan, khususnya pendidikan dan kehidupan bersosial, lewat gerakan #ActofLove sebagai wujud cinta terhadap masa depan diri sendiri dan generasi muda Indonesia.

    Cinta Laura mengungkapkan bahwa #ActofLove #AoLKiehlers lahir dari keresahan terhadap kemajuan zaman yang perlu disikapi secara bijak "Menurut saya kondisi ini ibarat dua mata pedang. Teknologi memudahkan kita untuk terhubung satu sama lain, tapi sekaligus membuat dunia terasa semakin sempit. Meski mendatangkan banyak kemudahan, era modernisasi yang kita rasakan saat ini juga mempengaruhi mental anak muda, di mana ujaran kebencian, pelecehan, bullying, ketidakpedulian terhadap lingkungan dan kesenjangan sosial, membuat fenomena kejahatan semakin mudah dilakukan.” Ungkap Cinta.

    Penasaran seperti apa bentuk dari gerakan ini? Let’s find out, babes!

    Menjadikan rasa cinta sebagai landasan

    “Melalui gerakan #ActofLove #AoLKiehlers, saya ingin mengajak anak muda untuk menjadikan rasa 'cinta' landasan mereka melakukan berbagai hal sehingga kita semua bisa hidup harmonis dengan diri sendiri dan lingkungan sekitar," ungkapnya.

    Mendukung satu sama lain untuk maju

    Gerakan #ActOfLove #AoLKiehlers dibuat untuk mengingatkan dan mengajarkan anak muda tentang pentingnya mendasari segala aksi dari rasa cinta, termasuk mendukung satu sama lain untuk dapat maju dan berkembang menghadapi berbagai tantangan.



    Menjadi generasi yang mudah beradaptasi

    Pendidikan merupakan salah satu fokus dari kegiatan #ActofLove #AoLKiehlers, khususnya memasuki industri 4.0. Sebagai alumni Columbia University yang lulus dengan predikat Cum Laude dalam 3 tahun, Cinta Laura melihat anak muda perlu mengadopsi Disruptive Learning agar bisa menjadi generasi yang highly adaptive dan mampu berkompetisi secara global. Sehingga, mereka bisa lebih percaya diri dan mampu menggali kemampuan yang dimiliki untuk menghadirkan inovasi dan ide-ide kreatif yang membangun Indonesia.

    Menurut Cinta Laura, generasi muda Indonesia adalah sumber daya manusia yang sangat potensial "Satu-satunya prinsip yang saya terapkan saat berkompetisi dengan mahasiswa dari berbagai belahan dunia saat itu adalah mindset bahwa saya sama dengan yang lainnya. Sebagai orang Indonesia, saya yakin bahwa kita semua memiliki skill set, kemampuan, dan potensi yang baik. Hal ini perlu dipertajam dengan metode belajar yang efektif dan mampu melihat suatu fenomena dengan perspektif yang luas dan beragam, salah satunya dengan menerapkan metode Disruptive Learning,” ujarnya.



    Memperhatikan lingkungan

    Gerakan #ActofLove #AoLKiehlers besutan Cinta Laura ini juga menyentuh aspek lingkungan. Menurut Cinta Laura, masalah lingkungan di Indonesia seperti minimnya fasilitas daur ulang, pengelolaan limbah yang perlu ditingkatkan, hingga kurangnya kesadaran akan gaya hidup berkelanjutan, perlu menjadi tanggungjawab bersama generasi muda saat ini. Melalui gerakan #ActofLove #AoLKiehlers, Cinta Laura ingin menyebarkan kesadaran untuk menerapkan gaya hidup yang ramah terhadap bumi lewat konsep circular economy yaitu mendaur ulang produk untuk meminimalisir sampah dan conscious living atau gaya hidup mengkonsumsi produk dengan penuh kesadaran. Lewat gerakan #ActofLove #AoLKiehlers, Cinta Laura ingin masyarakat dapat berpartisipasi melakukan circular economy & conscious living active mindset, yakni kegiatan yang mempromosikan penggunaan kembali produk atau barang yang sudah dipakai.


    Menurut Cinta Laura, generasi muda perlu mempertimbangkan dampak yang dihasilkan pada lingkungan sebelum mengonsumsi suatu produk. “Sekarang saat yang tepat untuk kita semua mengubah gaya hidup, baik dari sisi konsumen maupun produsen. Untuk itu, mindset buy to waste perlu diubah menjadi circular economy dan conscious living active mindset, sehingga produk yang sudah dipakai bisa digunakan kembali menjadi barang dengan nilai yang baru," ungkapnya.




    Mendukung dan berpartisipasi

    Well, Cinta Laura mengaku tidak bisa bekerja sendiri dalam menyebarkan dan mengaplikasikan #ActofLove #AoLKiehlers. Oleh karena itu Cinta Laura berharap para Cosmo babes sebagai generasi muda dapat menyambut baik gerakan ini, berpartisipasi dan mau menjadi bagian dari solidaritas positif di Indonesia. Sehingga, kedepannya generasi bangsa ini bisa terus berprestasi dan menginspirasi dunia, juga hidup harmonis dengan alam sekitar yang akan menjadi rumah untuk generasi-generasi selanjutnya. Let's participate!




    (Haninadhira Husaini / Image: Dok. Cinta Laura Kiehl #ActofLove)