Love & Sex

Tips Aman Ketemuan Setelah Mengenal Dari Dating App

  by: Haninadhira Husaini       17/2/2022
  • Well, online dating memang sudah cukup lumrah dilakukan oleh kalangan muda. Tetapi, setelah menonton film dari Netflix yang berjudul “The Tinder Swindler” Cosmo ingin kamu untuk lebih berhati-hati ketika ingin bertemu dengan seseorang yang kamu kenal melalui dating app. Meskipun kencan online dapat menimbulkan resiko ketika ketemuan secara langsung, psst, jangan sedih dulu! Kamu harus percaya kalau kamu bisa berhasil mendapatkan pasangan seperti yang kamu inginkan jika kamu dapat berhati-hati.

    So, agar kamu dapat dengan aman bertemu si dia, kamu harus menyusun strategi yang tepat. Untungnya, Cosmo ada di sisimu untuk memberi tips aman ketemuan setelah mengenal teman kencanmu dari dating app. Yuk, simak baik-baik!

    Cari tahu siapa dia

    First thing first! Lakukan riset dan cari tahu latar belakangnya merupakan hal yang paling penting untuk kamu lakukan. Yes, kamu bisa stalk sosial media miliknya untuk cari tahu siapa dia, apa saja kegiatannya sehari-hari, dan darimana dia berasal. Kegiatan stalking mungkin sekilas terdengar buruk, tapi ini merupakan salah satu langkah paling esensial ketika kamu online dating. Jadi, untuk mendapat semua informasi itu, dan memastikan apa yang dia katakan tentang dirinya itu benar, kamu dapat melihat semua itu dari akun sosial medianya.




    Jangan terburu-buru

    Yup, I know. Online dating bukan merupakan hal yang asing bagi budaya kencan modern di Indonesia. Bahkan tak sedikit yang memiliki bukti cerita nyata dari anggota lingkaran sosial yang sukses menjalin hubungan, pernikahan (hingga membesarkan anak!) lewat hasil online dating. But remember, don’t rush anything! Karena untuk mendapatkan pasangan yang kamu inginkan tidak bisa dengan cara yang instan. Just take your time.. perbanyak waktu untuk kenal lebih dalam dulu dengan berkomunikasi melalui dating app hingga kamu dapat menentukan waktu untuk bertemu ketika sudah yakin.

    Beri tahu keluarga atau sahabatmu

    Poin ini yang tidak kalah penting, lho! Ceritakan kepada keluarga atau sahabatmu ketika kamu ingin bertemu teman kencan dari dating app. Berikan informasi kepada mereka seperti kamu pergi kemana, dengan siapa kamu pergi, dan hingga jam berapa kamu akan pergi. Kalau perlu, share live location kamu ke mereka agar mereka bisa melacak keberadaan kamu jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Once again, this is a must!




    Ketemuan di tempat umum

    Tips selanjutnya dari Cosmo adalah, coba untuk buat janji temu di tempat umum yang ramai dikunjungi banyak orang seperti restoran, coffee shop, atau mal. Karena banyaknya kasus kejahatan yang sering terjadi sehingga sangat tidak disarankan untuk kamu bertemu dengan seseorang yang kamu kenal dari dating app di tempat privat.

    Jangan terlalu terbuka tentang kehidupanmu

    Ladies, menceritakan kisah-kisah menarik dalam kehidupanmu yang mencerminkan dirimu memang penting untuk pendekatan agar kalian saling mengenal, but.. don’t open too much! Kamu harus lebih berhati-hati kepada orang baru kamu kenal melalui dating app, karena kamu belum tentu mengetahui apa maksut dan latar belakang dia menggunakan aplikasi untuk kencan. We never know, babes.

    Perhatikan gerak-gerik teman kencanmu

    Last but not least ~ perhatikan seluruh gerak-gerik yang ia lakukan sepanjang berkencan. Percaya pada intuisimu mengenai bagaimana penilaian kamu tentang dia. Jika dia menunjukkan hal yang kurang dapat dipercaya dan membuat kamu tidak nyaman, it’s okay to walk away.

    (Haninadhira Husaini / Image: Dok. DocuSign on Unpslash)