Beauty

Ini Dia Tips Cara Menghilangkan Kantung Mata

  by: Astriana Gemiati       17/2/2022
  • Jika kantong di bawah mata membuat kamu terlihat seperti sedang keluar dari prosecco (ketika kamu benar-benar di tempat tidur pada jam sembilan), kamu mungkin ingin membaca ini ...


    Fakta yang tidak terlalu menyenangkan: Kulit di bawah mata sepuluh kali lebih tipis daripada kulit lain di tubuh kamu, yang membuatnya lebih rentan terhadap pembengkakan (disebabkan oleh pengumpulan cairan berlebih), dan perubahan warna (jaringan pembuluh darah terlihat melalui kulit transparan). Inilah sebabnya mengapa area tersebut rentan terhadap bengkak (puffiness) dan lingkaran hitam alias kantung mata.




    Lantas apa sebenarnya penyebab kantung di bawah mata? Nah, banyak faktor yang bisa berperan, seperti alergi, stres, kelelahan, genetika dan penuaan yang baik. “Seiring bertambahnya usia, kulit menipis dan wajah kamu kehilangan lemak,” jelas Dr. Daniel Ezra, konsultan spesialis mata dan okuloplastik, “belum lagi elastin dan kolagen, yang memberi dukungan dan kepenuhan pada kulit.”



    Bisa juga orang tua kamu mewariskan garis dengan kantung mata yang dalam, sesuatu yang bahkan concealer berkekuatan industri tidak akan menyamarkan. “Masalah pigmentasi juga dapat terjadi dalam keluarga kulit berwarna karena melanin ekstra di kulit,” tambah Ezra.


    Oke, jadi pertanyaan besarnya ―apakah mungkin untuk menghilangkan kantung mata? Jawabannya? Ya. Tapi butuh waktu. Inilah yang perlu kamu ketahui…

    1. Atasi bengkaknya

    Teka-teki Cosmo saat ini: jika tidur sangat penting untuk mata yang cukup istirahat, lalu mengapa pepper puff lebih buruk di pagi hari? “Tidur malam yang baik akan menghentikan penyumbatan pembuluh darah dan membuat bagian bawah mata tampak lebih gelap,” jelas Dr Thivi Maruthappu, Konsultan dermatologis untuk Skin Health Alliance and Olay. Tetapi ketika kita tidur, kita berbaring telentang dan tidak berkedip, yang memungkinkan cairan berkumpul dan mengendap sementara. Coba angkat kepala dengan bantal ekstra untuk mendorong drainase dan oleskan krim mata kamu menggunakan gerakan menyapu lembut di sepanjang tulang orbital (dari sudut dalam ke luar) untuk membantu mempercepat drainase getah bening. Retensi cairan juga dapat diatasi untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, menghindari terlalu banyak garam, dan makan makanan yang kaya kalium.



    2. Temukan krim mata yang tepat

    Bisakah mengoleskan produk topikal selama beberapa minggu membuat kantong di bawah mata seolah-olah tidak pernah ada? Singkatnya ... tidak. Tetapi krim mata terbaik sering kali mengandung bahan-bahan yang membantu mengurangi peradangan, mengencangkan kulit, dan mendukung area bawah mata yang halus, dengan formulasi ringan yang tidak akan memperburuk bengkak (a.k.a puffiness). “Carilah bahan aktif seperti peptida untuk merangsang produksi kolagen,” saran Thivi, “itu adalah bantalan alami kulit.”





    3. Penelitian perawatan profesional

    Jadi kamu ingin hasil yang nyata sekarang? Pengisi lubang air mata adalah perawatan non-bedah yang melibatkan penyuntikan asam hialuronat ke area tertentu di sekitar mata untuk menggantikan volume yang hilang. “Tidak semua orang adalah kandidat yang baik,” jelas Dr Ezra. "Misalnya, orang dengan kelebihan kulit di bawah mata, hiperpigmentasi genetik, atau kondisi medis yang meningkatkan risiko komplikasi." Ini bukan untuk yang lemah hati ―bahkan yang kuat hati mungkin berjuang dengan jarum yang begitu dekat dengan mata. Ada kilasan rasa sakit saat jarum dimasukkan, tetapi itu akan berakhir dengan cepat, dan setelah beberapa hari memar akan terasa ringan, serta hasilnya cukup menakjubkan. Dr Ezra mengatakan kurang lebih memakan biaya sekitar 14 juta rupiah untuk perawatan ―mahal, ya, tetapi hasilnya dapat bertahan dari sembilan bulan hingga beberapa tahun, dan Cosmo akan waspada terhadap siapa pun yang menawarkan perawatan dengan harga yang jauh lebih murah. 





    ( Artikel ini disadur dari https://www.cosmopolitan.com/uk / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: GIPHY.com, [email protected] )