Lifestyle

Ini 5 Pelajaran Hidup dari Film 'Love and Leashes'

  by: Redaksi       18/2/2022
  • Film Korea Love and Leashesakhir-akhir ini menarik banyak perhatian. Film yang dibintangi oleh Seo Hyun ‘SNSD’ dan Lee Jun Young ini baru saja tayang di Netflix pada Jumat, 11 Februari 2022 silam.

    Berbeda dengan plot film Korea pada umumnya, film garapan sutradara Park Hyun Jin ini membawa plot yang cukup fresh dan berani. Pasalnya, film ini mengangkat tema dewasa yang tabu untuk diperbincangkan.

    Bercerita tentang hubungan rahasia antara Ji-Woo (Seo Hyun), seorang karyawan Public Relations di perusahaannya yang terkenal dingin dengan manajer baru, Ji-Hoo (Lee Jun Young) akibat rahasia Ji-Hoo terbongkar.



    Diadaptasi dari Web Komik terbitan Naver dengan tajuk Moral Sense yang ditulis oleh Gyeowool ini mendapatkan berbagai respon positif dari para penonton. Meski memiliki asumsi cerita yang mirip dengan serial film Fifty Shades of Grey, banyak penggemar merasakan chemistry yang kuat antara Seo Hyun SNSD dan Lee Jun Young.

    Masih ragu untuk nonton bagaimana Seo Hyun dan Lee Jun Young mengambil peran? Berikut beberapa fakta menarik yang bisa dipelajari dari film ini. Yuk, simak!



    1. Memberi Arti BDSM



    Film Love and Leashes memang mengangkat tema tentang BDSM. Menurut Kamus Oxford, BDSM bisa diartikan sebagai Bondage (perbudakan), Discipline/Domination (taat dan menguasai), Sadism (sadis), dan Masochism (mendapatkan kenikmatan seksual ketika disakiti).

    Jadi, BDSM merupakan aktivitas seksual yang yang menonjolkan perbudakan fisik, sadisme, dan masokisme yang dilakukan dengan persetujuan kedua belah pihak. BDSM tidak pernah memaksa orang lain bermain dengan mereka. Sehingga seorang BDSM hanya melakukan hubungan saat kedua belah pihak setuju dengan perjanjian.

    Dalam film ini, arti dan maksud dari BDSM sendiri tersampaikan dengan cukup baik karena dijelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh kaum awam. Alih-alih banyak adegan erotis, film ini malah dikemas dengan nuansa jenaka. Film ini juga memuat edukasi seksual yang menunjukkan bahwa hubungan BDSM sebenarnya berbeda dengan kekerasan pada seks, pasalnya BDSM acapkali dianggap sebagai sebuah kekerasan pada seks.

    Eits, tapi pastikan kamu harus sudah cukup umur untuk menonton film Love and Leashes ya!


    2. Menjadi Diri Sendiri



    Di film ini, karakter Ji-Hoo (Lee Jun Young) diceritakan sebagai pribadi yang ramah dan cerdas, tetapi memiliki rahasia dalam bercinta. Untuk menutupi rahasianya tersebut, Ji-Hoo mencoba untuk menjadi seseorang yang tangguh agar orang lain tidak memandang ia sebelah mata.

    Setelah bertemu dengan Ji-Woo (Seo Hyun), Ji-Hoo tersadar bahwa kebaikan hati Ji-Woo yang tidak menghakiminya membuat ia merasa bahwa Ji-Woo adalah pasangan yang cocok untuk menjadi tuannya. Ji-Hoo bisa menjadi diri sendiri tanpa harus malu mengakuinya bahwa ia memiliki preferensi lain dalam bercinta.

    Sebelumnya, dalam film ini, diceritakan bahwa Ji-Hoo adalah seorang yang submisif, ia termasuk ke dalam masokisme yang menikmati saat disakiti. Ji Hoo akan merasa senang ketika mendapat perintah dari tuannya atau pasangannya yang dominan.


    3. Tidak Memandang Rendah Orang Lain



    Lain halnya dengan Ji-Woo yang memiliki karakter dingin dan cuek. Namun dibalik karakternya tersebut, Ji-Woo tidak memandang Ji-Hoo sebelah mata karena memiliki keinginan bercinta dengan “hal yang berbeda”.

    Setelah mengetahui rahasia milik Ji-Hoo, Ji-Woo mencoba untuk memahami kondisi Ji-Hoo dan tidak merendahkannya, malah ia berusaha mencari tahu mengenai “Dominan-Submisif'' dalam BDSM. Akhirnya, Ji-Woo pun setuju untuk menjadi pasangan dominan atau tuannya Ji-Hoo! Tak hanya itu, Ji-Woo juga mencoba untuk memahami trauma yang dialami oleh Ji-Hoo akibat mantan pacarnya. Keren!


    4. Jangan Ragu Membuka Diri



    Selain menceritakan tentang percintaan first lead, film ini juga menceritakan bagaimana akhirnya teman dari Ji-Woo yang memiliki pet shop mau menerima dan kencan bersama teman kerjanya sendiri. Walaupun memiliki perbedaan umur dan perbedaan preferensi bercinta, ternyata tak menghalangi untuk memulai hal baru, kan. Siapa tahu, malah menemukan sesuatu yang selama ini dicari-cari. So… jangan ragu untuk membuka diri, girls!

    5. Melawan Budaya Patriarki



    Sadar nggak sih, selain mengangkat tema tentang BDSM, film ini juga disisipi beberapa pesan mengenai budaya patriarki.

    Pimpinan di tempat kerja Ji-Woo dan Ji-Hoo sering kali terlihat meremehkan karyawan perempuannya. Hal itu bisa dilihat dari cara berbicaranya yang seenak sendiri dan menganggap rendah karyawan perempuannya. Awalnya, perilaku sang pimpinan tersebut masih didiamkan begitu saja. Namun karena karakternya yang dingin dan tegas, akhirnya Ji-woo membuktikan bahwa atasannya tersebut salah dan bisa dijatuhkan juga dengan cara yang tak terduga. Opps~


    Bagaimana, girls? Sudah tertarik buat nonton bagaimana Seo Hyun dan Jun Young acting BDSM? Kamu bisa menonton film Love and Leashes ini hanya di Netflix.





    (Margaretha Gabriella Ayudityas/Images: Dok, Netflix, Instagram @NetflixKr)