Beauty

Ini Yang Harus Kamu Lakukan Saat Tato Sudah Mulai Mengelupas!

  by: Astriana Gemiati       21/2/2022
  • Jika kamu sedang membaca ini, dan ini mungkin tato pertama kamu—selamat! Setelah beberapa hari, kamu akan memerhatikan bahwa kulit di sekitarnya mulai mengelupas. Mungkin mengkhawatirkan melihat beberapa pigmen mulai mengelupas, tetapi jangan khawatir, ini benar-benar normal. Bukan hanya itu, tetapi itu adalah tanda bahwa tinta baru kamu menyembuhkan sebagaimana mestinya.





    Untuk meredakan kekhawatiran kamu, Cosmo memutuskan untuk mengajukan banyak pertanyaan kepada Kenneth Abad, seorang seniman profesional di 55tinta, tentang apa yang harus kamu lakukan (dan tidak boleh dilakukan) ketika tato kamu mulai mengelupas. Read on to learn more:



    Mengapa tato saya mengelupas?

    "Tato akan selalu terkelupas," Kenneth meyakinkan kami. "Beberapa hanya scab atau kulit lebih tebal dari yang lain." Menurutnya, itu semua tergantung bagaimana artis tersebut menggarap kulit kamu. Tato warna hitam dan abu-abu halus cenderung terkelupas lebih ringan daripada tato penuh warna dengan beberapa campuran rona. Bagaimanapun, semuanya akan terkelupas karena tato secara teknis adalah luka karena jarum menembus kulit untuk menyimpan tinta.


    Scab bertindak sebagai penghalang bagi luka baru saat sembuh. Menurut Kenneth, jika kamu terus mengoreknya, tato kamu mungkin sembuh tidak merata, sehingga meninggalkan titik botak atau garis putus-putus yang membutuhkan sentuhan ulang.



    Kapan tepatnya mulai mengelupas?

    Tato biasanya mulai mengelupas dalam lima hari hingga seminggu setelah sesi kamu. Kenneth menegaskan bahwa ini tergantung pada seberapa banyak tattoo artist bekerja pada kulit kamu. Misalnya, tato yang ditutup-tutupi cenderung menggores sedikit lebih tebal dari biasanya dan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh karena cenderung memberi lebih banyak campuran dan tekstur untuk menutupi tinta sebelumnya.




    Sampai kapan tato saya akan terkelupas?

    Menurut Kenneth, scab (keropeng) akan hilang dengan sendirinya setelah satu atau dua minggu. Jika tidak terjadi dalam jangka waktu tersebut, tidak perlu khawatir, karena periode penyembuhan berbeda untuk setiap orang.


    Setelah periode pengelupasan, tato kamu akan tetap terlihat "shiny" dan terkelupas—ini menunjukkan bahwa itu belum sepenuhnya sembuh. Lapisan pertama kulit segar akan tumbuh kembali setelah satu atau dua bulan. Jika tidak gatal dan tato sudah menyatu dengan tekstur alami kulit kamu, saat itulah kamu tahu bahwa tinta kamu sudah sembuh total. Selamat!




    Apa yang harus saya lakukan ketika tato sudah mulai mengelupas?

    Kenneth selalu menyarankan kliennya untuk tidak pernah mengorek tato mereka dan menjaganya agar tinta serta area kulit tetap lembap. Selama tiga hari pertama setelah janji temu kamu, ia merekomendasikan untuk membiarkan tinta kamu sendiri dan menjaganya tetap kering. Ketika kamu mandi dalam jangka waktu tersebut, ia mengatakan bahwa yang terbaik adalah menggunakan sabun yang lembut tanpa bahan pemutih.




    Menurut Kenneth, hari keempat dan seterusnya adalah waktu yang penting untuk tato kamu. Ini adalah saat kulit kamu mulai mengering dan mengencang, terutama di sekitar area yang terkena tinta. Dia mengatakan bahwa saatnya dia meminta kliennya untuk melembapkan setidaknya tiga hingga empat kali sehari. 


    Dia menjelaskan bahwa jika kamu membiarkan tato mengering, kulit kamu mungkin mulai pecah-pecah, menyebabkannya tidak sembuh sepenuhnya. Kenneth merekomendasikan untuk gunakan pelembap sampai tahu pasti bahwa tato kamu sudah sembuh total.












    (Artikel ini disadur dari www.cosmo.ph / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image:Dok. Instagram )