Beauty

Good Bye Blackhead! Ini 3 Cara Ampuh Mengatasi Komedo Hitam

  by: Fariza Rahmadinna       26/2/2022
  • Salah satu jenis komedo yang cukup sering ditemukan adalah komedo hitam atau blackheads. Teksturnya mirip seperti jerawat kecil, namun berwarna gelap dan muncul di area hidung, sekitar pipi, atau dagu. Cosmo tahu, masalah ini benar-benar membuat frustasi! Selain membuat warna kulit tidak merata, komedo hitam juga membuat tekstur kulit menjadi tidak halus.


    Menurut dokter kulit yang berasal dari London, Dr. Anjali Mahto, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah blackhead. Tapi sebelumnya, kamu harus tahu bahwa komedo hitam akan muncul kembali secara alami setiap 20-40 hari, karena produksi sebum berlebih. Annoying, huh? Jangan menyerah dulu, girls! Cosmo akan membahasnya secara tuntas, mulai dari penyebab sampai cara mengatasinya.




    Apa penyebab blackhead?



    Menurut Nazanin Saedi, MD, seorang ahli dermatologi, munculnya blackhead disebabkan oleh penumpukan sebum, sel-sel kulit mati, dan kotoran di folikel rambut pada permukaan kulit. Setelah teroksidasi oleh udara, penumpukan zat-zat ini kemudian bisa menonjol ke luar pori-pori dan berubah warna menjadi gelap. Selain itu, kecenderungan genetik dan pengaruh hormonal juga bisa memicu produksi sebum berlebih di kulit. 


    Apa cara terbaik untuk mengatasi masalah blackhead?


    1. Gunakan produk yang mengandung salicylic acid


    Salah satu bahan yang direkomendasikan oleh ahli dermatologi untuk mengatasi masalah blackhead yaitu salicylic acid. Menurut Joshua Zeichner, M.D., dokter kulit bersertifikat dan direktur penelitian kosmetik dan klinis di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City, salicylic acid termasuk dalam kandungan beta hydroxy acid (BHA) yang dapat merangsang pergantian sel dan menghilangkan minyak berlebih. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah blackhead dan jerawat. 


    Bagaimana cara terbaik untuk menggunakan asam salisilat? Cobalah menggunakan gentle chemical exfoliator yang mengandung asam salisilat, dua kali dalam seminggu. Produk ini akan membantu kamu mencegah munculnya blackhead dan menjaga pori-pori tetap bersih. 


    2. Tambahkan retinoid ke dalam skincare routine


    Jika kamu memiliki masalah blackhead yang cenderung sulit teratasi, cobalah untuk mengombinasikan retinoid ke dalam rutinitas perawatan kulit. Menurut Shari Marchbein, M.D., dokter kulit bersertifikat dan asisten profesor klinis dermatologi di New York University, retinoid dapat membantu mengatasi masalah jerawat, pori-pori tersumbat, serta mempercepat laju pergantian kulit dan mempercepat proses regenerasi.  

    Senada dengan pernyataan sebelumnya, dermatologis bersertifikat lain yang berbasis di New York City, Sejal Shah, M.D., mengatakan bahwa retinoid adalah salah satu kandungan skincare terbaik untuk mengatasi masalah blackhead membandel. Bahkan, retinoid tidak hanya baik untuk mengatasi masalah blackhead atau jerawat saja, tetapi juga ​​bagus untuk anti-aging. 


    3. Menjaga kelembapan kulit


    Cosmo selalu mengatakan betapa pentingnya untuk menjaga kelembapan kulit. Melembapkan kulit adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit, bahkan jika kamu memiliki kulit berminyak dan rawan berjerawat sekalipun. Mengapa? Ini karena, produk pelembap dapat membantu menjaga kelembapan kulit sehingga kulit tidak memproduksi lebih banyak minyak. Produksi minyak yang terkontrol tentu saja dapat membantu mengurangi blackhead. 


    Nah, itulah tiga cara efektif yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah blackhead. Hindari melakukan ekstraksi manual untuk menghilangkan blackhead, karena ini dapat menyebabkan folikel pecah dan menyebabkan pembentukan lesi inflamasi, yang bisa menyebabkan kondisi kulit yang jauh lebih serius.





    (Fariza Rahmadinna/KIX/Image: Doc. Sam Lion / Pexels)