Better You

Bebas Dehidrasi! Ini 5 Makanan yang Mengandung Banyak Air

  by: Giovani Untari       22/2/2022
  • Kita semua tahu betapa pentingnya minum air putih setiap hari. Sebab aktivitas satu ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh mulai dari membuat kulit semakin glowing, membantu memperlancar sistem pencernaan, sampai membuat pikiran lebih fokus (siapa sih yang tidak mau memiliki pikiran yang selalu prima saat meeting / belajar?).

    Tapi tentu, hanya mengonsumsi air putih dari gelas atau botol minum saja bisa membosankan, bukan? Jadi Cosmo bertanya pada nutrisionis Naomi Mead untuk membuat sesi hidrasi tubuh kita jadi lebih berwarna. 

    Ini dia 5 makanan yang beliau rekomendasikan agar kadar air di tubuh tetap bisa terpenuhi secara maksimal dan terasa lebih menyenangkan:




    1. Kembang Kol

    Mengejutan, bukan? Tapi ternyata kembang kol mengandung kadar air hingga 93%. Untuk mendapat manfaat penuh dari sayuran satu ini, potong batangnya dalam ukuran kecil dan makan secara mentah menggunakan beberapa saus cocolan seperti hummus atau salsa (atau apapun saus favoritmu!).


    Kembang kol juga pilihan yang tepat untuk menambah sensasi crunchy dalam menu salad. Dan kalau kamu belum pernah mencoba nasi dari kembang kol, saran Cosmo kamu harus mencobanya sekarang juga!



    2. Selada Iceberg

    Jujur: kadang kamu melupakan selada iceberg dan lebih memilih sayur yang lebih populer seperti kale atau bayam kan? Ini waktunya kamu mulai kembali mengonsumsi selada iceberg yang tak kalah bernutrisi. Tambahkan ke menu salad atau menu jus hijau agar kamu mendapat lebih banyak lagi asupan air dalam tubuh. 


    3. Timun

    Faktanya timun mengandung air hingga 95%. Selain rasanya yang enak dan cocok dikonsumsi langsung atau campuran di jus, timun juga kaya vitamin A,C, B dan asam folat!





    4. Salsa

    Saus terkenal satu ini terbuat dari tomat sebagai bahan baku utamanya. Seperti yang sudah kita tahu, tomat juga mengandung kadar air yang tinggi hingga 94%. Saatnya mulai untuk stock saus salsa lalu tambahkan potongan buah tomat segar agar kamu semakin mendapat benefit dari makanan ini. 

    Tak hanya tinggi kandungan air, tomat juga mengandung vitamin A, C, potasium, dan likopen yang merupakan zat antioksidan nan powerful untuk melawan kanker.


    5. Semangka

    Rasanya tak perlu menjelaskan terlalu banyak betapa tingginya kadar air dari buah bercita rasa manis satu ini. Namun yang mungkin kamu belum ketahui, di balik semangka juga terkandung potasium, asam amino sitrulin (yang membantu meningkatkan sirkulasi), membuat kulit lebih sehat, dan sumber serat harian yang baik bagi tubuh kita.

    Kalau merasa bosan memakan semangka secara langsung, kamu bisa jus semangka beku dan daun mint segar. Atau tambahkan semangka dengan keju feta supaya menu salad-mu jadi lebih bervariasi.






    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. HONG SON from Pexels, Karolina Grabowska from Pexels, olia danilevich from Pexels,Rodion Kutsaiev from Pexels).