Lifestyle

6 Rekomendasi Buku untuk Meningkatkan Self Improvement

  by: Redaksi       20/2/2022
  • Semua orang pasti ingin mengembangkan dirinya ke arah yang lebih positif dan baik lagi untuk mencapai kesuksesan yang dinantikan. Namun, jika kesuksesan dan pengembangan diri hanya bermodalkan niat tanpa usaha untuk menjalaninya, tentu hasilnya tidak akan pernah nyata dan tercapai. Salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan diri adalah dengan membaca buku. Buku menjadi salah satu langkah kecil untuk membantu mengembangkan diri menjadi lebih positif.

    Sambil menyambut hari weekend mu, berikut Cosmo berikan rekomendasi buku yang bisa membuatmu meningkatkan self improvement sambil rileks di rumah. Selamat membaca!




    1. Atomic Habits - James Clear 





    Pada buku ini, James Clear, seorang pakar kelas dunia ingin menjelaskan bahwa kebiasaan kecil yang biasa kita lakukan bisa menjadi hal yang membawa pengaruh besar pada kehidupan dan keberhasilan kamu nantinya, girls!

    Buku ini merupakan salah satu buku self improvement yang akan mengajarkan kamu bagaimana cara membangun kebiasan kecil dan baik serta meninggalkan kebiasaan buruk. Contohnya melakukan kebiasaan baik seperti rutin melakukan push-up sebanyak dua kali sehari hingga bangun lebih pagi. Jadi yuk mulai ubah rutinitas buruk menjadi rutinitas kecil yang produktif setelah membaca buku ini.

    (Gramedia, harga Rp103.000-,)


    2. Filosofi Teras - Henry Manampiring




    Henry Manampiring, seorang praktisi periklanan & komunikasi, menjelaskan mengenai filsafat Yunani-Romawi kuno yang bisa membantu kita mengatasi emosi negatif dan membentuk mental yang tangguh dalam menghadapi masalah hidup. Buku ini cocok untuk kamu para Milenial dan Gen Z yang sedang mengalami pendewasaan diri, sebab ada begitu banyak trik yang bisa diaplikasikan untuk memperkuat mental dalam kehidupan sehari-hari.

    (Gramedia, harga Rp98.000-,)


    3. Insecurity is My Middle Name - Alvi Syahrin




    Setiap orang pastinya pernah mengalami perasaan insecure. Jadi buku ini merupakan buku self improvement sekaligus self healing yang bermanfaat bagi kamu yang mungkin saat ini sedang merasa insecure.

    Seperti judulnya, ‘Insecurity is My Middle Name’ akan menjelaskan berbagai pertanyaan mengenai rasa insecure yang ada di kepalamu. Dengan konsep ‘Trying to feel something, trying to be something’, buku ini juga mengajak kita untuk berdamai dengan rasa insecure agar bisa terus bertumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya.

    (Gramedia, harga Rp93.000-,)


    4. You Do You: Discovering Life through Experiments & Self-Awareness - Fellexandro Ruby




    Buku You Do You lebih membahas tentang quarter life crisis yang terkadang akan terasa menakutkan bagi sebagian orang. Tetapi dengan adanya ilustrasi dan bahasa yang mudah dimengerti, buku satu ini adalah pilihan yang buat kamu yang sering merasa bosan saat membaca buku.

    Semua kegalauan yang dirasakan oleh anak muda mengenai karier, keuangan, sampai relationship dibahas lengkap oleh sang penulis, Fellexandro Ruby. Ada banyak pelajaran yang bisa diambil salah satunya memahami fakta bahwa kebahagiaan yang sebenarnya datang dari diri kita sendiri, bukan dari orang lain.

    (Gramedia, harga Rp128.000)


    5. Berani Tidak Disukai - Ichiro Kisimi & Fumitake Koga




    Buku ini memaparkan ajaran dari Alfred Adler mengenai bagaimana seharusnya manusia menjalani hidupnya dan menemukan sebuah kebahagiaan. Buku ini juga menjawab fenomena unik di Jepang seperti mengisolasi diri di kamar.

    Tak hanya itu, buku Berani Tidak Disukai pun ikut mengangkat tema untuk mencintai diri sendiri agar mendapatkan kebahagiaan. Karena terkadang kita terlalu fokus pada kehidupan orang lain yang akhirnya membuat kita tidak mencintai diri sendiri. So.. love yourself, first!

    (Gramedia, Rp98.000-,)


    6. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat - Mark Manson




    Calling all overthinker! Menurut Mark Manson, cuek dan masa bodoh merupakan salah satu cara sederhana agar kita bisa mengembalikan ekspektasi dan memilih mana hal yang lebih penting dalam menjalani hidup.

    Dibahas dengan bahasa yang sederhana, isi dari buku ini banyak menceritakan kisah nyata sang penulis yang hidupnya sering diterpa oleh badai. Walau demikian, Mark Manson tak berhenti dan justru semakin kuat dalam meraih cita-citanya.

    (Gramedia, harga Rp76.000-,)


    (Margaretha Gabriella Ayudityas/ Image: Photo by Joel Muniz on Unsplash, Photo by Goodreads).