Better You

5 Fakta Menarik Menstrual Cup yang Wajib Kamu Ketahui

  by: Redaksi       21/2/2022
  • Kamu pasti sudah mendengar tentang menstrual cup. Yup.. ini merupakan salah satu produk menstruasi pengganti pembalut yang kini banyak digunakan oleh para perempuan. Berbeda dengan pembalut, menstrual cup sendiri juga lebih ramah lingkungan. Tertarik untuk mencobanya namun masih ragu untuk memakai menstrual cup, girls?

    Yuk, kita simak 5 fakta menarik tentang menstrual cup yang harus kamu tahu berikut ini!

    1. Ramah Lingkungan







    Rata-rata setiap perempuan bisa menghabiskan sebanyak 10.000 pembalut dalam seumur hidupnya. Faktanya, produk seperti pembalut atau tampon bisa menghasilkan banyak sampah sebab pembalut bukan merupakan jenis sampah yang mudah terurai.

    Menstrual cup akhirnya menjadi salah satu alternatif untuk mengganti pembalut dan mengurangi produksi sampah karena terbuat dari silikon atau lateks yang bisa digunakan secara terus-menerus.

    Dilansir dari Women’s Health, menstrual cup diklaim bisa digunakan sampai 10 tahun dengan jangka pemakaian yang benar dan bersih.


    2. Terdiri dari berbagai ukuran




    Rata-rata brand menstrual cup menyajikan banyak pilihan ukuran berbeda yang disesuaikan dengan usia dari penggunanya. Terdapat ukuran untuk perempuan di bawah usia 30 tahun, belum hamil, ukuran lainnya untuk usia di atas 30 tahun, atau bagi mereka yang sudah pernah melahirkan.


    3. Menampung Darah Lebih Banyak




    Karena berbentuk seperti cawan, faktanya menstrual cup bisa menampung darah dua kali lebih banyak dibandingkan yang dapat diserap oleh pembalut atau tampon.

    Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan menstrual cup ini selama 3 - 6 jam tergantung dari banyak atau sedikitnya darah menstruasi selama periode pemakaian.


    4. Lebih Higienis




    Pemakaian menstrual cup terbilang lebih higienis dan menghindari iritasi pada area bokong dan selangkangan kamu, babes!

    Biasanya untuk perempuan yang memiliki kulit yang cukup sensitif, kerap mengalami iritasi dan rasa gatal di area vagina maupun bokong karena pembalut yang lembap dan adanya gesekan antar kulit dan permukaan pembalut. Jadi, menstrual cup bisa menjadi opsi bagi kamu yang memiliki area kulit vagina sensitif.


    5. Wajib Selalu Dibersihkan




    Meskipun bisa digunakan berkali-kali dan perawatannya tergolong mudah, kamu tetap harus memerhatikan kebersihan dari menstrual cup yang akan kamu gunakan.

    Menstrual cup dianjurkan untuk selalu dicuci setelah pemakaian 12 jam dengan sabun yang tanpa kandungan minyak dan parfum. FYI, saat ini juga sudah banyak dijual sabun khusus untuk membersihkan menstrual cup, lho!

    Atau kamu juga bisa mencuci dengan merebusnya di dalam panci air mendidih selama lima menit. Setelahnya keringkan dan simpan di tempat yang bersih dan bebas debu.


    Jadi bagaimana? Sudah tertarik belum untuk memakai menstrual cup, girls?




    (Margaretha Gabriella Ayudityas/Image: Photo by Inciclo on Unsplash, Photo by The Female Company on Unsplash, Photo by Inciclo on Unsplash, Photo by Marketing City to Sea on Unsplash, Photo by Rebecca Manning on Unsplash , Photo by Oana Christina on Unsplash)