Celebrity

5 Grup K-pop Jebolan Survival Show yang Perlu Kamu Kenal

  by: Redaksi       20/2/2022
  • Tidak bisa dipungkiri bahwa K-pop mulai menduduki tangga lagu yang ada, baik dalam negeri maupun internasional. Di radio, layanan musik berbayar, Youtube, bahkan televisi, tidak sedikit kita dapati tayangan yang memutarkan lagu-lagu dari Korea Selatan ini. Dimulai dari yang dikenal oleh masyarakat awam seperti Super Junior, BTS, EXO, NCT, hingga nama-nama yang kerap ditemukan di k-drama kesayangan, wajah, video, dan musik K-pop berakhir cukup dekat dengan kita.

    Nah, rupanya pembentukan grup ini bukan hanya melalui training saja lho, Cosmo Babes! Seperti pepatah 'Ada Banyak Jalan Menuju Roma', para trainee yang berlatih berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun ini pun punya kesempatan debut di industri musik Korea Selatan bukan hanya dari satu jalur saja. Salah satunya dengan ikut serta dalam survival show, seperti Produce 101, Produce 48, Produce X 101, dan lainnya.




    Berikut 5 grup K-pop jebolan survival show yang perlu kamu kenal!


    1. Stray Kids (스트레이 키즈), JYP Entertainment





    Stray Kids (스트레이 키즈) adalah grup asal Korea Selatan di bawah naungan JYP Entertainment. Debut sejak 25 Maret 2018, rupanya Stray Kids dibentuk dari survival show yang sama dengan nama grup mereka, lho! Dengan Bang Chan, Lee Know, Changbin, Hyunjin, Han, Felix, Seungmin, dan I.N, rupanya sejak 10 Februari lalu, mereka juga melakukan kontrak dengan Republic Records.

    Nama Stray Kids sendiri memiliki arti seorang anak yang tersesat dan ingin meraih mimpi, yang kemudian berkembang menjadi cara mereka menemukan jalan menuju mimpi mereka bersama-sama.




    Sebelum pemutaran perdana acara "Stray Kids", JYPE rupanya telah merilis video musik untuk lagu "Hellevator", yang kemudian dirilis sebagai digital single. Dua anggota yang kini bergabung dengan grup, Lee Know dan Felix, awalnya dieliminasi dari grup, tetapi pada akhirnya didebutkan bersama dengan tujuh member lainnya.

    Bersamaan dengan peluncuran situs resmi Stray Kids, JYPE pun mengumumkan perilisan dari mini album pra-debut (EP) berjudul Mixtape yang berisi tujuh lagu yang ditulis dan dikomposisi bersama oleh para member, termasuk "Hellevator" ini dan lagu-lagu lain yang mereka bawakan selama mengikuti survival show.



    Diterpa berbagai rumor bahkan ditinggalkan seorang member di tahun 2019 nyatanya tidak menyurutkan karir Stray Kids. Pada Juni 2020, Stray Kids merilis album Go Live dengan title track "God's Menu" dan berhasil membuktikan kembalinya mereka ke kancah musik K-pop dengan serentetan prestasi dari album ini. Bukan hanya menjadi album terlaris milik mereka, tetapi saat rilisnya berhasil menduduki peringkat atas di kategori mingguan Gaon Album Chart dan dengan menjual sebanyak 243.462 copies, mereka mampu mengamankan peringkat lima sebagai album terlaris di akhir bulannya.

    Album ini pun berhasil mendapat penghargaan platinum certification dari Korea Music Content Association (KMCA) untuk penjualannya di atas 250.000 copies pada Agustus 2020 lalu. Maka tidak mengejutkan bagaimana music videonya jadi yang paling banyak ditonton sepanjang karir mereka hingga kini.


    2. TREASURE (트레저), YG Entertainment




    TREASURE (트레저), atau yang sebelumnya dikenal dengan nama TREASURE 13) dibentuk dari survival show YG Treasure Box. Grup yang digawangi oleh Choi Hyunsuk, Jihoon, Yoshi, Junkyu, Mashiho, Yoon Jaehyuk, Asahi, Bang Yedam, Haruto, Doyoung, Park Jeongwoo, and So Junghwan ini rupanya belum lama debut, Cosmo Babes!

    Tercatat debut di 7 Agustus 2020, rupanya single album mereka yang pertama, The First Step: Chapter One, tetralogi mereka terjual hingga satu juta kopi dalam lima bulan berkarir, lho! Dan, ternyata, di luar bermusik, Treasure aktif berpartisipasi dalam ragam acara amal, termasuk Muju YG Foundation.




    Terhitung 15 Februari lalu, rupanya TREASURE baru saja merilis lagu anyar dan berhasil menduduki peringkat puncak trending di Youtube! Tak hanya itu, TREASURE juga mendapatkan 24 juta penonton dengan 1,3 juta like dalam kurun waktu 4 hari setelah perilisan.




    3. ENHYPEN (엔하이픈), Belift Lab




    Grup yang beranggotakan Heeseung, Jay, Jake, Sunghoon, Sunoo, Jungwon, dan Ni-ki ini dibentuk dari survival show I-LAND di bawah naungan BE:LIFT Lab, label gabungan yang dibuat oleh HYBE (dulu dikenal dengan nama BigHit Entertainment) dan CJ E&M Entertainment. ENHYPEN sendiri merupakan gabungan dari en dash dan tanda hubung yang menghubungkan kata-kata yang berbeda untuk menciptakan makna baru, yang akan disambungkan oleh setiap anggota ENHYPEN, di mana mereka menemukan satu sama lain, dan tumbuh bersama.



    Dan, mereka telah debut di 30 November 2020 dengan mini-album "BORDER: DAY ONE" dengan lagu tajuknya "Given-Taken".



    Popularitas ENHYPEN kian tampak seiring merilis album bertajuk Dimension: Answer pada 10 Januari lalu. Dan, selama sebulan terakhir ini, netizen membicarakan lagu baru yang telah dirilis oleh mereka dan salah satu sidetrack dari album baru mereka, "Polaroid Love" rupanya telah menarik perhatian dan memasuki 100 tangga lagu teratas. Lagu ini pun menjadi popular karena adanya Polaroid Love Challenge yang dilakukan oleh banyak pengguna TikTok selama sebulan belakangan. Pasti tidak asing kan, dengan lagu ini di FYP kamu, Cosmos Babes?






    Tidak hanya populer di Tik Tok, lagu Polaroid Love ini ternyata jadi salah satu project music video yang direncanakan ENGENE (sebutan untuk fans ENHYPEN) untuk menunjukkan dukungan ke idola mereka, lho!




    4. Kep1er (케플러), WAKEONE Entertainment and Swing Entertainment




    Grup yang beranggotakan sembilan orang, Yujin, Mashiro, Xiaoting, Chaehyun, Dayeon, Hikaru, Huening Bahiyyih, Youngeun, dan Yeseo ini merupakan project yang dibentuk melalui survival show milik MNet, Girls Planet 999. Di bawah naungan dua perusahaan sekaligus, WAKEONE Entertainment dan Swing Entertainment, Kep1er akan ada selama dua setengah tahun semenjak hari debut mereka. Kesembilan gadis ini resmi debut pada 3 Januari 2022 dengan mini-album "FIRST IMPACT" dan title track "WA DA DA".

    Awalnya, Kep1er semestinya debut pada 14 Desember 2021. Hanya saja, dikarenakan staf yang bekerja dengan mereka dinyatakan positif Covid-19 maka tanggal debut diundur hingga awal tahun ini. Tak hanya staf, dua anggota grup ini juga rupanya sempat dinyatakan positif terinfeksi virus Corona yaitu Mashiro dan Xiao Ting.





    5. fromis_9 (프로미스나인), Pledis Entertainment




    Sama seperti I.O.I dan IZ*ONE yang dibentuk dari survival show, fromis_9 ini rupanya grup yang mengambil nama dari ‘From Idol School’ dengan 9 member, yakni: Saerom, Hayoung, Gyuri, Jiwon, Jisun, Seoyeon, Chaeyoung, Nagyung, dan Jiheon. Datang dari program Idol School dan debut di 24 Januari 2018 di bawah naungan Stone Music Entertainment. rupanya tidak menjadikan grup ini sebatas grup project saja. Berbeda dengan Kep1er, fromis_9 debut sebagai grup yang permanen, bukan hanya sementara dalam kurun waktu tertentu.

    Namun, pada 21 September 2018, grup ini dinyatakan pindah naungan menjadi di bawah Off the Record, label yang sama dengan IZ*ONE. Lalu semenjak pertengahan tahun lalu, fromis_9 berakhir dialihkan ke agensi lain, yang mana kini menjadi agensi mereka, Pledis Entertainment.




    Pada 17 Januari lalu, mereka baru saja melakukan comeback dengan tajuk lagu berjudul "DM", lho! Kamu sudah dengar lagunya?






    Images: Dok. Twitter, TikTok @enhypen, Youtube

    Ilustrasi Opening dan Teks: Saca F.