Career

Tips WFH Efektif dan Bebas Rasa Kesepian untuk Ekstrovert

  by: Redaksi       21/2/2022
  • Sejak pandemi Covid-19 merebak, sistem bekerja dari rumah atau yang populer dengan sebutan WFH (Working From Home) telah menjadi bagian dari gaya hidup. Meski memiliki sejumlah keuntungan tersendiri, namun tak semua langsung bisa beradaptasi, terutama bagi mereka yang berkepribadian ekstrovert. Apalagi jika mereka tinggal sendiri.

    Seorang ekstrovert yang mungkin mendapat ‘energi’ dengan bersosialisasi bisa merasa overwhelming secara emosional ketika tak ada teman mengobrol dan bertukar pikiran di dekatnya.

    Cosmo merangkum sejumlah tips WFH bagi kamu para ekstrovert agar tetap semangat menjalaninya.



    Luangkan Waktu Berkomunikasi dengan Rekan Kerja


    Selain melakukan meeting, luangkan juga waktu untuk bisa berkomunikasi dengan rekan kerja, semisal di jam istirahat makan siang. Nyalakan fitur kamera dan pilih dresscode agar kian seru. Selain dengan teman kantor kamu juga bisa melakukannya dengan keluarga atau mungkin teman semasa SMA dan kuliah.


    Penting juga untuk membuatnya menjadi bagian dari rutinitas kamu.

    “Dengan memiliki teman untuk bicara, seorang ekstrovert dapat menemukan kebahagian sekalipun bekerja dari rumah. Seorang profesional berkepribadian ekstrovert perlu berinteraksi secara berkala dengan orang terdekat agar ia bisa lebih terhubung, produktif, dan bahagia,” ujar Dr. Yvonne Thomas, Ph.D seorang psychotherapist seperti dikutip dari laman The Ladders.

    Manfaatkan Waktu untuk Mengembangkan Ide


    Seorang pekerja ekstrovert mungkin terbiasa langsung mengutarakan ide secara langsung kepada rekan kerja dan pimpinan. Hal ini mungkin menjadi lebih sulit ketika bekerja dari rumah. Kamu bisa memanfaatkan waktu yang ada sembari menunggu meeting atau waktu senggang bersama rekan kerja untuk mengembangkan ide atau strategi yang ada.

    Matangkan konsep dan strateginya agar terlihat lebih siap sehingga diskusi dengan rekan kerja dan bos bisa lebih efektif.

    Hal ini diterapkan oleh Melinda Reno dari Deloitte, “Daripada langsung mengutarakan ide saya lebih memilih untuk memikirkan dan mempersiapkannya secara lebih matang agar lebih terorganisir,” terangnya seperti dikutip dari Fast Company.

    Cari Spot Lain untuk WFH


    Jangan hanya terpaku di kamar atau ruang kerja, kamu bisa mencoba bekerja di sudut lain rumah kamu. Atau jika kamu di kamar kos, kamu dapat mendekorasi ruangan dan meja.



    Ikut Webinar


    Terbatasnya mobilitas bukan berarti kamu tidak bisa menemukan lingkungan pergaulan baru. Mengikuti webinar adalah salah satunya. Tak harus selalu seminar dan pelatihan yang berhubungan dengan pekerjaan, sekarang ada banyak webinar dengan agenda menarik seputar hobi dan olahraga.

    (Malcolm Rei/Pexels)




    tags: wfh, ekstrovert