Love & Sex

15 Tanda Kamu Ada di Hubungan yang Sehat!

  by: Giovani Untari       25/2/2022
  • Menjalani sebuah hubungan yang toxic jelas melelahkan secara fisik dan mental. Tapi tentu, tak semua hubungan akan berakhir buruk dan penuh drama. Ada begitu banyak cerita cinta yang berhasil berkat komitmen dan usaha dari pasangan yang menjalaninya.

    Dan apabila saat ini kamu merasa bahagia dengan hubungan yang sedang dijalani bersama si dia, go for it, babes! Siapa tahu memang inilah waktunya kamu mendapat cinta dan hubungan yang sehat bersama dengan orang yang tepat pula. You deserve it!




    Berikut 15 tanda kalau kamu saat ini berada di sebuah hubungan yang sehat:


    1. Kamu tidak takut ia akan melakukan hal yang buruk dan menyakitimu

    Di hubungan yang toxic, kita sering kali menemui pasangan yang bersikap buruk dan kerap menyakiti perasaan. Tetapi saat kamu bertemu dengan pasangan yang baik, kamu akan merasa bahwa ia adalah orang yang tepat karena ia memperlakukan kamu dengan baik. Apa yang ia lakukan akan lebih memikirkan perasaanmu dan pastinya tidak ingin membuat kamu terluka karena perbuatannya.



    2. Kamu 100% tahu ia menyukaimu atau tidak

    Kamu tak perlu bersikap seperti mata-mata hanya demi mencari tahu motivasi si dia yang sebenarnya. Sebab segala tindakan dan ucapannya akan secara jelas menunjukkan apa yang ia rasakan kepadamu. No detective work needed.


    3. Tidak diam-diam berharap ia akan berubah suatu hari nanti

    "Mungkin suatu hari nanti ia akan berubah dan mau berhenti merokok... Mungkin ia akan lebih dewasa.. Mungkin suatu hari ia juga akan mau membersihkan apartemennya sehingga terlihat lebih rapi." 

    Apabila kamu diam-diam pernah berharap ia berubah suatu hari nanti, maka bisa jadi kamu memilih pasangan yang kurang tepat. Sebab hubungan yang sehat akan membuat kamu bersyukur memiliki pasangan tersebut.




    4. Tidak merasa sedang "berperang" saat bersamanya

    Semua hubungan yang buruk biasanya akan membuat kamu merasa sedang 'berperang' saat bersamanya. Kamu selalu ingin membuktikan bahwa ia salah dan tingkahnya tidak bisa kamu toleransi.

    Bersama dengan pasangan yang tepat dan dalam hubungan yang sehat, kalian akan lebih banyak berdiskusi dan mencari jalan keluar saat menghadapi sebuah masalah. Bukan justru saling bersikap dan melihat siapa yang akan menjadi pemenangnya.


    5. Jarang mengeluh soalnya ke sahabatmu

    Padahal di hubungan sebelumnya, kamu sering mengeluh ke sahabatmu karena kesal setengah mati apabila ia tidak membalas pesanmu selama lima jam.


    6. Merasa mendapat perhatian dan cinta yang cukup darinya

    Pada hubungan yang sehat kamu akan merasa bahwa ia memberikan kamu seluruh cinta, perhatian, dan kebaikannya. Dan kamu tidak perlu berusaha keras agar ia mencintai dan menyayangimu.



    7. Kamu tidak harus melakukan hal-hal yang aneh demi menarik perhatiannya

    Benar, kamu tidak lagi harus bertingkah aneh atau childish hanya untuk menarik perhatiannya. Sebab thank god, kekasihmu saat ini memberikan perhatian yang cukup dan membuatmu merasa disayangi.


    8. Bisa bersikap jujur kepadanya tanpa merasa ia akan menghakimi kamu

    Kamu bahkan tidak berpikiran bahwa ia akan menghakimimu atau bahkan mengatakan suatu hal yang menyakitkan. Apabila ia merasa tidak setuju pada suatu permasalahan atau sikapmu, pasanganmu akan mengatakannya dengan baik.




    9. Berani menceritakan tentang masa depanmu tanpa takut merasa aneh dengan hal tersebut

    Karena akhirnya kamu merasakan bahwa ia adalah orang yang bisa kamu ajak untuk berbagi hidup dan masa depan bersama. Pasanganmu saat ini bukan seseorang yang membuat kamu harus menahan diri dan berhenti bermimpi karena takut ia akan terluka. Kamu merasa setiap percakapan mengalir dengan baik, bukan seperti sedang melakukan investigasi bersamanya.


    10. Kamu tidak khawatir siapa yang akan mengeluarkan uang

    Ini adalah ritme yang secara natural terjadi di dalam hubungan kalian. Kamu sudah tahu apa biaya yang harus ia bayar, begitu juga sebaliknya kapan kamu yang harus mengeluarkan uang. Semuanya mengalir secara alami tanpa membuat kalian saling terbebani satu sama lain.




    11. Sahabatmu juga ikut mengagumi sosoknya!

    Mereka tidak hanya berpikir bahwa si dia terlihat cute dan bisa membuatmu bahagia, tetapi para sahabatmu benar-benar tulus merestui hubungan kamu kali ini. Mereka berpikir bahwa pasanganmu adalah sosok yang cool, baik, dan kalian terlihat cocok satu sama lain.


    12. Saat kamu diundang ke suatu acara, mereka juga akan mengundang pasanganmu

    Sebab orang lain pun bisa melihat betapa positifnya hubungan kalian. Sehingga mereka ingin kalian berdua hadir di acara spesialnya. Kalian seperti paket kombo yang tidak bisa dipisahkan.


    13. Meski bertengkar, kamu tahu bahwa itu bukan akhir dari hubungan kalian 

    Di masa lalu saat bertengkar dengan mantanmu, kamu tahu bahwa pertengkaran tersebut akan mengarah ke satu hal: putus.

    Tetapi bersamanya kamu merasa bahwa pertengkaran adalah hal yang normal terjadi dalam sebuah hubungan. Yang terpenting kalian tahu cara mengatasinya tanpa bersikap egois dan berakhir saling menyakiti satu sama lain.


    14. Tidak kesal saat ia tidak membalas pesanmu

    Saat ia tidak membalas pesanmu, kamu tidak berpikir bahwa pasanganmu: sedang marah kepadamu atau bahkan diam-diam berselingkuh. Sebab kamu tahu ia begitu mencintaimu dan tidak akan melakukan hal yang buruk di belakangmu.




    15. Kamu melihat kembali semua hubunganmu sebelum bersamanya dan tidak percaya bahwa kamu bisa sebahagia sekarang

    Akhirnya, kamu bisa mengetahui seperti apa rasanya bisa berada di sebuah hubungan yang sehat. Rasanya sulit dipercaya bahwa kamu bersama dengan pria yang tepat dan baik untukmu. Ingat babes, kamu pantas mendapatkan yang terbaik dalam hidup ini.




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Klaus Nielsen from Pexels, Katerina Holmes from Pexels, Jonathan Borba from Pexels, Samson Katt from Pexels, Andrea Piacquadio from Pexels).