Better You

Hindari 8 Makanan Ini Saat Kamu Sedang Haid!

  by: Astriana Gemiati       24/2/2022
  • Apakah kram menyerang setiap bulan tepat sebelum kamu mulai menstruasi dan tetap bertahan selama beberapa hari sejak pertama siklus kamu? Well, you aren’t alone. Nyeri haid dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan. Tapi tahukah kamu bahwa diet yang tidak tepat juga dapat menyebabkan rasa sakit, seperti sakit kepala, mual, diare dan di antara banyak gejala menstruasi lainnya. Cosmo meminta Lovneet Batra, ahli gizi klinis dan penulis untuk membagikan daftar makanan yang dapat memperburuk rasa sakit. Baca terus untuk mengetahui apa yang perlu kamu hindari dan hai.. haid bebas rasa sakit!


    "Makanan di bawah ini yang dapat meningkatkan gangguan pencernaan kembung dan menyebabkan rasa sakit yang lebih buruk," kata Lovneet.



    1. Makanan tinggi garam

    Makanan tinggi garam dapat menyebabkan lebih kembung dan kram. Hindari makanan olahan dan kemasan.

    via GIPHY



    2. Kacang

    Biasanya sehat dan kaya serat, serta vitamin, kacang-kacangan dapat mengganggu perut kamu selama menstruasi. Lebih baik menghindari makan kacang atau kacang polong selama haid dan coba memilih makanan yang lebih ringan sebagai gantinya.


    3. Gula

    Tidak apa-apa untuk mengonsumsi satu sampai dua sendok gula organik dalam sehari, tetapi makan terlalu banyak dapat menyebabkan lonjakan energi yang diikuti dengan gangguan.


    4. Susu

    Susu umumnya dianggap sebagai makanan sehat. Namun, selama haid, tubuh kamu sangat rentan terhadap peradangan. Produk susu dapat memicu peradangan yang dapat memperburuk nyeri haid kamu.


    5. Kafein

    Kafein dapat menyebabkan retensi air dan kembung. Tetapi penghentian kafein juga dapat menyebabkan sakit kepala, jadi jangan berhenti minum kopi sepenuhnya jika kamu terbiasa minum beberapa cangkir sehari.

    via GIPHY




    6. Daging organ

    Selama haid, tubuh kamu menghasilkan prostaglandin. Senyawa ini membantu rahim kamu berkontraksi dan menyingkirkan lapisan rahim, sehingga menghasilkan aliran menstruasi kamu. Namun, kadar prostaglandin yang tinggi dapat menyebabkan kram. Daging organ mungkin tinggi zat besi, tetapi juga tinggi prostaglandin dan ini harus dihindari selama menstruasi.



    7. Minuman berkarbonasi

    Ya, minumam berkarbonasi bisa menyebabkan banyak kembung dan bisa membuat kram lebih intens.


    8. Makanan yang menghasilkan gas bagi seseorang

    Ini dapat bervariasi dari orang ke orang seperti kembang kol hingga sayuran berdaun.





    ( Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: GIPHY.com, [email protected] )