Lifestyle

Nama ‘Bangkok’ Resmi Berubah! Bisa Menyebutkannya?

  by: Redaksi       26/2/2022
  • Tahukah kamu apa ibukota Thailand, Cosmo Babes? Kebanyakan turis akan menyebutkan "Bangkok" tanpa ragu-ragu. Namun, bagi penduduk setempat, mereka akan menjawab, "Krung Thep Maha Nakhon," yang artinya "kota besar para malaikat" dalam bahasa Thailand. Dan, kebiasaan itu seperti identitas yang melekat hingga pertengahan Februari lalu.








    Minggu kedua Februari, pemerintah Thailand membuat keputusan kecil nan signifikan dalam pengucapan ibukota Thailand, dan keputusan tersebut menciptakan kegemparan kecil.

    Rabu, 16 Februari, penamaan baru ini telah disetujui. Hingga sekarang, dokumen resmi memang telah mencantumkan nama Krung Thep Maha Nakhon; Bangkok, tetapi keputusan kabinet akhirnya juga menjadikan nama tersebut resmi digunakan, dari Bangkok menjadi Krung Thep Maha Nakhon.

    Penggantian nama kota ini diajukan oleh Kantor Royal Society atau ORST, yang diketahui juga mencetuskan penggunaan bahasa Thailand sebagai bahasa sehari-hari di negara tersebut. Tidak ada penjelasan lebih merinci tentang penggantian nama ibukota ini.

    Perubahan ini, pada kenyataannya, cukup kecil; sebab sebelumnya nama Krung Thep Maha Nakhon dan Bangkok telah menjadi kombinasi dalam sehari-hari. Namun, penegasan dua nama ini adalah satu kota tampaknya cukup untuk memicu perdebatan, dengan sebagian besar menentang perubahan tersebut. Hal ini menjadi top-trending topic di Twitter pada hari pengumumannya, mengikuti keputusan kabinet Thailand. Hashtag #Bangkok, mencapai 44,000 tweets pada hari tersebut, di mana sebagian penduduknya menunjukkan ketidaksetujuan akan hal tersebut.

    Sejauh ini, Bangkok tetap digunakan sebagai nama resmi ibukota negara Thailand di berbagai papan nama, papan penunjuk arah, dan yang diumumkan dalam pemberhentian bus ataupun bandar udara. Bahkan masih digunakan dalam tiket pesawat dengan kode 'BKK' dan juga papan di bandara Suvarnabhumi atau bandar udara lainnya. Pernyataan ini disampaikan oleh Kittipong Kittikachorn, general manager dari bandar udara Suvarnabhumi. Yuthasak Supasorn (Gubernur Otoritas Pariwisata Thailand) pun menyatakan bahwa mereka akan mempromosikan kegiatan pariwisata dengan menggunakan nama Bangkok, seperti sebelumnya.







    Nama 'Bangkok' telah dikenal begitu lama oleh para turis lokal maupun mancanegara. Sama halnya dengan Krung Thep Maha Nakhon juga dikenal sebagai nama lain yang resmi dari ibukota negara Thailand. Bahkan faktanya, nama tersebut hanya bagian depan dari nama lengkap kota tersebut: Krung Thep Maha Nakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit, yang dinyatakan sebagai nama kota terpanjang dan hanya digunakan dalam ritual-ritual atau kegiatan resmi Kerajaan.

    Banyak tanggapan juga datang dari para turis ketika kabar ini diumumkan. Komentar yang kerap terlihat ialah, "Krung Thep Maha Nakhon" terlalu panjang untuk disebutkan dan hanya akan menimbulkan kebingungan bagi pendatang atau pengunjung dari negara lain, karena sulit diucapkan.

    Nah, bagaimana dengan kamu, Cosmo Babes? Bisakah kamu mengucapkan nama baru Bangkok



    Images: Dok. Instagram @tourismthailand

    Teks: Saca F.