Better You

Ini 6 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan

  by: Redaksi       28/2/2022
  • Memasuki musim hujan, kita memerlukan sejumlah cara untuk menjaga kesehatan agar tubuh tidak mudah terkena penyakit terutama akibat perubahan cuaca. Apalagi di masa pandemi ini, di mana imun tubuh kita selalu berjuang keras agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Oleh karena itu, agar aktivitasmu tetap berjalan dengan lancar, berikut 6 tips dari Cosmo untuk menjaga daya tahan tubuh saat musim hujan.


    1. Istirahat yang Cukup di Malam Hari







    First thing first! Untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan saat menjelang musim hujan adalah istirahat yang cukup. Biasanya, waktu tidur malam yang cukup untuk orang dewasa sekitar 7-9 jam per harinya. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, istirahat yang cukup juga dapat meningkatkan imunitas sehingga tubuh mampu melawan berbagai macam infeksi dan peradangan. Tidur juga membantu tubuh meregenerasi sel-sel yang rusak dengan lebih baik. Jadi, jangan biasakan diri kamu begadang agar tidak mudah terkena penyakit ya, babes!


    2. Perbanyak Minum Air Putih




    Di saat musim hujan seperti ini, usahakan tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dengan perbanyak minum air putih kamu bisa mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan, seperti melancarkan aliran darah, menurunkan kolesterol, dan memperlancar pencernaan. Minumlah air putih minimal 6-8 gelas per hari untuk melancarkan sirkulasi darah dan supaya daya tahan tubuh meningkat.


    3. Mengonsumsi Asupan Nutrisi




    Selain perbanyak minum air mineral, kamu juga perlu perbanyak mengonsumsi asupan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit di musim hujan.

    Kamu bisa perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang tinggi antioksidan seperti brokoli dan kangkung untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh. Konsumsi juga buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk, kiwi, stroberi, atau jambu air untuk asupan serat dan tentu saja membantu memelihara kesehatan tubuhmu.


    4. Berjemur dibawah Terik Matahari Pagi




    Walaupun cuaca diluar mendung, sempatkan waktu untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk mendapatkan vitamin D, girls! Kandungan dalam vitamin D diperlukan untuk meningkatkan kandungan kalsium di dalam tubuh, sehingga bisa memperkuat tulang, gigi, dan otot dalam tubuh kamu saat menjelang musim hujan.

    Atau kamu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin D serta makanan yang tinggi vitamin D seperti salmon, tuna, kuning telur dan jamur. Vitamin satu ini telah teruji membantu menjaga daya tahan tubuh.


    5. Rajin Mencuci Tangan




    Rajin mencuci tangan merupakan salah satu kegiatan yang membantu mencegah terjadinya penyebaran kuman untuk menjaga kebersihan tanganmu. Gunakan sabun untuk menambah proteksi kebersihan setelah selesai beraktivitas. Gosokan sabun tersebut ke sela-sela jari tangan, punggung tangan, dan telapak tangan, lalu bilas dengan air bersih.


    6. Selalu Sediakan Payung




    Yang paling penting saat musim hujan, selalu bawa dan sediakan payung kemanapun kamu pergi. Cara ini membuat tubuh kamu tetap kering jika hujan deras turun sehingga tubuh tetap sehat dan tidak kedinginan.

    Agar menjaga tubuh tetap dalam keadaan hangat di musim hujan, kamu juga bisa memilih menggunakan outfit seperti jaket, sweater, atau hoodie saat harus beraktivitas di luar rumah.



    Jadi, itu 6 tips untuk menjaga daya tahan tubuh saat musim hujan datang!


    (Margaretha Gabriella Ayudityas/Image: Photo by Wencheng Jiang Pexels, Photo by Andrea Piacquadio on Pexels, Photo by Engin Akyurt on Unsplash, Photo by Silviarita on Pixabay, Photo by Cottonbro on Pexels, Photo by Clay Banks on Unsplash, Photo by _Alicja_ on Pixabay)