Better You

Cara Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi Yang Belum Berakhir

  by: Haninadhira Husaini       27/2/2022
  • •    Cosmo tahu, kamu pasti sering berpikir “hmm.. kapan, ya, pandemi ini akan berakhir?”.


    Well, kamu pasti sudah merasa sangat lelah dengan pandemi ini yang tak kunjung berakhir dan ingin kembali seperti dahulu di mana aktivitas di luar rumah bisa dijalankan dengan perasaan aman tanpa takut membawa pulang penyakit. Bahkan beberapa dari kamu mungkin berusaha untuk mengurangi kegiatan di luar rumah dan berujung stres karena harus menjalaninya sendirian. Remember ladies, you’re not alone. Kita semua menjalani pandemi ini bersama-sama, kok!

    Untuk sebagian orang yang terbiasa tinggal sendirian, mungkin self-quarantine ini akan terasa menyenangkan untuk melakukan berbagai hobi, mendapatkan tidur yang lebih berkualitas, dan kerja lebih produktif tanpa gangguan. Namun untuk sebagian orang yang terbiasa hidup dengan bersosialisasi dengan banyak orang, hal ini akan terkesan seperti mimpi buruk yang tak kunjung selesai sehingga mengganggu kesehatan mental kamu.

    Maka dari itu, Cosmo hadir untuk kamu dengan memberikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental kamu di masa pandemi yang belum berakhir ini. Pssst, I know it’s not easy, tetapi tak ada salahnya untuk mencoba!

    1.    Berikan dan tanamkan kalimat positif untuk dirimu sendiri

    Yup, mungkin hal ini terdengar sangat cliché, tapi hal ini sangat membantu untuk menumbuhkan energi positif di dalam dirimu. Ucapkan segala rasa syukur kepada dirimu sendiri seperti diberikan kesehatan, segala pencapaianmu, dan hal-hal baik dalam dirimu. Jalani hidup seakan seperti sebuah hadiah untuk dirimu karena telah kuat menjalaninya!



    2.    Kurangi pemakaian media sosial

    Media sosial tak bisa dipungkiri terkadang bisa membuat kita merasa overwhelming karenanya. Pasti kamu pernah merasa hidupmu selalu banyak kurangnya terutama di masa pandemi ini yang membuat kamu banyak menghabiskan waktu untuk melihat kehidupan orang lain melalui media sosial lalu membandingkannya dengan kehidupan yang kamu jalani. Dan hal ini tentu saja ikut berdampak pada kesehatan mental kita. Saran terbaik untuk mengatasi rasa ini sebenarnya cukup sederhana: beristirahat sejenak dari bermain media sosial atau membatasi waktunya. Cosmo tahu, ini tak mudah tetapi patut untuk kamu coba. Mungkin kamu bisa coba dengan cara membatasi diri seperti menetapkan berapa lama waktu kamu untuk main media sosial dalam sehari.

    3.    Olahraga

    Olahraga merupakan salah satu cara yang ampuh dilakukan sebagai penangkal stres dan kecemasan yang kamu rasakan. Selain dapat memberikan kesehatan pada tubuh, dengan olahraga juga dapat membuat kamu merasa lebih fresh untuk menjalani hari dan meningkatkan suasana hati kamu.


    4.    Perhatikan kualitas tidur

    Tips yang satu ini tak hanya untuk menjaga kesehatan mental kamu, tetapi juga memberikan manfaat jangka panjang. Yup, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur itu dapat memberikan efek negatif yang signifikan pada suasana hati kamu, lho! Selain itu, dengan kebiasaan begadang juga dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung. Jadi mulai sekarang coba untuk tidur pada waktu yang teratur setiap hari. Hindari scrolling Tiktok hingga larut malam, ya, bestie!

    5.    Berinteraksi dengan sahabat dan keluarga

    Walaupun pandemi membatasi ruang kamu untuk bergerak dan berinteraksi di luar rumah, but girls, kita itu hidup di era digital sehingga hal tersebut tidak dapat menghambat kamu untuk tetap berinteraksi dengan sahabat, keluarga, atau orang kesayanganmu lainnya. Tetap menjaga interaksi sosialmu mungkin dengan cara sederhana seperti video call, akan memberikan pengaruh penting kepada kesehatan mental kamu karena kamu masih bisa berbagi cerita dan hal-hal yang kamu rasakan sehingga dapat menghindari kamu dari rasa stres.



    6.    Kurangi membaca berita negatif

    Dengan pandemi yang tak kunjung berakhir ini, pasti banyak sekali berita buruk yang bermunculan di media sosial dan hal tersebut dapat memicu rasa takut, cemas, dan stres yang berlebihan. Girls, ini saatnya untuk kamu alihkan pikiran kamu dari berita negatif yang ada di media sosial, dengan cara membaca buku dan artikel-artikel positif yang dapat memberikan kamu ketenangan dan juga energi positif. Coba, deh!

    7.    Membereskan rumah dan menyortir barang

    Well ~ dengan memiliki rumah yang bersih dan rapih pastinya akan membuat kamu lebih nyaman di rumah, right? Selain membuat nyaman, membersihkan rumah dan menyortir barang yang sudah tidak terpakai juga dapat memperbaiki mood kamu dan meningkatkan konsentrasi kamu, lho! Apalagi jika selama ini kamu terlalu sibuk beraktivitas di luar rumah sehingga tak ada waktu untuk membereskan rumah dan menyortir barang, sehingga sekarang adalah waktu yang tepat untuk kamu melakukannya!


    (Haninadhira Husaini / Image: Dok. Vlada Karpovich on Pexels)