Career

Makin Menjanjikan, Ini Pekerjaan Freelance Paling Banyak Dicari

  by: Redaksi       26/2/2022
  • Menjadi freelancer atau pekerja lepas bukan lagi sebagai sumber pemasukan tambahan tapi juga sudah menjadi pilihan karier. Kini banyak perusahaan terutama di bidang teknologi dan media lebih memilih merekrut freelancer ketimbang merekrut pegawai baru.

    Di sisi lain tren pekerja lepas bisa jadi batu loncatan untuk mereka para fresh graduate. Sementara itu kebijakan working from home (WFH) yang sudah menjadi sistem kerja perusahaan juga dapat memberi ruang untuk para pekerja profesional guna mulai mencari penghasilan tambahan.

    Dan teruntuk mereka yang menjadikannya sebagai pilihan karier, dengan meningkatnya kebutuhan tentu memberi kesempatan yang lebih banyak.



    Lalu skills dan jenis pekerjaan lepas apa saja yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan tahun ini? Situs pencarian kerja spesialis freelancer asal Amerika Serikat yakni Upwork baru-baru ini merilis laporannya. Berikut rangkuman Cosmo.

    Copywriter



    Situs Upwork menyebut bahwa freelancer copywriter menjadi pekerjaan lepas dengan bayaran termahal di Amerika Serikat yakni 19 USD hingga 45 USD per jam.

    Semakin banyaknya platform pemasaran, seperti media digital serta media sosial, membuat banyak perusahaan membutuhkan mereka yang bisa menuliskan product knowledge secara informatif dan engaging.

    Social Media Consultant


    Media sosial masih menjadi lahan yang menjanjikan. Pada laporan situs Upwork, kemampuan marketing dan manajemen di media sosial masih paling banyak dicari. Selain merumuskan ide konten untuk memasarkan produk, kemampuan untuk menarik data atau insight dari tiap platform juga dibutuhkan untuk menekuni profesi ini.

    Web Developer


    Di balik tampilan situs media dan brand yang menarik ada hasil kerja keras para web developers. Perlu diketahui pekerjaan ini bukan hanya sekadar menjaga kestabilan website tapi juga memikirkan konsep user experience baik bagi pengunjung website maupun tim konten semisal editor dan media sosial.

    Data Analyst




    Memiliki kemampuan statistik? Penyusunan strategi berdasarkan hasil olahan data? Presentasi? Memahami pemrograman? Dan Menguasai Excel? Kamu bisa mulai mempertimbangkan menjadi data analyst. Profesi ini juga menjadi salah satu freelance job paling banyak dibutuhkan.

    (Malcolm Rei/Dok. freepik/Liza Summer from Pexels)




    tags: freelance