Lifestyle

5 Olahraga Ringan Saat Isolasi Mandiri

  by: Redaksi       27/2/2022
  • Saat melakukan isolasi mandiri atau isoman, terkadang kita merasa bosan karena tidak bisa bertemu dengan teman-teman, pergi meninggalkan rumah, atau berkunjung ke tempat yang kita sukai. Hal ini mungkin membuat kamu merasa kehilangan semangat karena merasa terkekang dan tidak bisa melakukan aktivitas di luar rumah.

    Namun, faktanya, saat kamu melakukan isolasi mandiri, ada satu hal kegiatan yang bisa kamu lakukan di dalam rumah, lho, girls yaitu berolahraga! Olahraga sangat penting dilakukan saat isolasi mandiri untuk pemulihan dan meningkatkan kebugaran fisik serta produktivitas. Serta olahraga juga bisa membuat mood kamu lebih happy!

    Berikut, beberapa olahraga ringan yang bisa kamu lakukan saat isolasi mandiri di rumah:



    1. Yoga





    First things first! Olahraga ringan pertama yang bisa kamu lakukan saat isolasi mandiri adalah yoga. Yoga merupakan salah satu olahraga senam gerak badan yang menggabungkan gerakan fisik dan meditasi. Olahraga jenis ini tidak akan membuat badan merasa terlalu kelelahan.

    Umumnya yoga bertujuan untuk melatih pernapasan, fisik, dan mental yang bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Contohnya mengurangi kecemasan, meredakan stres, meningkatkan kualitas tidur, serta membuat tubuh menjadi rileks dan kuat. Tak hanya itu, dari yoga kita juga diajak untuk belajar menerima diri dan melihat kemampuan fisik kita yang sepenuhnya, lho! Kamu bisa lakukan yoga ini selama 10-15 menit saat menjalani isolasi mandiri di rumah.


    2. Plank




    Plank merupakan salah satu olahraga cukup sederhana dan efektif untuk memperkuat otot tubuh. Olahraga ini bisa kamu lakukan setiap hari di rumah saat isolasi mandiri. Apabila kamu melakukan gerakan plank ini dengan benar dan tepat, plank jelas bisa membawa berbagai manfaat baik untuk tubuh contohnya memperkuat otot dan membantu menurunkan berat badan. Kamu bisa melakukan plank selama 10-15 detik, kemudian ulangi beberapa set secara berkala.


    3. Push Up




    Sama halnya dengan plank, push up juga merupakan salah satu olahraga yang efektif untuk memperkuat otot tubuh. Melakukan push up akan membantu membangun kekuatan tubuh saat sedang melakukan isolasi mandiri. Selain itu push up juga bisa memperbaiki postur tubuh karena dalam melakukan push up, ada dua otot punggung tengah yang dilatih.


    4. Jumping Jacks



    Jumping jack merupakan jenis olahraga kardio yang tidak membutuhkan peralatan. So.. kamu bisa lakukan gerakan jumping jack ini di dalam ruangan saat isolasi mandiri. Untuk melakukan jumping jack kamu bisa memulainya dengan posisi berdiri, lompat, lalu mendarat dengan kaki sedikit dibuka lebih lebar dari bahu.

    Saat melompat, kamu bisa mengangkat tangan di atas kepala kamu atau sambil melakukan gerakan tepuk tangan. Gerakan ini bisa kamu lakukan sebanyak 10-30 kali dalam satu set. Fighting!


    5. Squats




    Terakhir, olahraga yang bisa kamu lakukan saat isolasi mandiri adalah squats. Olahraga jenis ini, bisa membantu memperkuat otot kaki serta menjaga keseimbangan pinggang dan pinggul kamu, girls! Tak hanya itu, squats bisa membantu kamu dalam memudahkan aktivitas sehari-hari saat isolasi mandiri, karena ada beberapa rutinitas yang mengharuskan kita untuk berjongkok.


    Mudah bukan? Yuk.. mulai olahraga ringan untuk tingkatkan kebugaran dan produktivitas.




    (Margaretha Gabriella Ayudityas/Images: Photo by Tirachardz on Freepik, Photo by Maryjoy Caballero on Unsplash, Photo by Sergio Pedemonte on Unsplash,p Photo by Olivia Bauso on Unsplash, Photo by RODNAE Production on Pexels, Photo by Diana Grytsku on Freepik )