Celebrity

Ini Dia, 10 Lagu B-Side K-Pop yang Wajib Kamu Dengar!

  by: Redaksi       28/2/2022
  • Dalam setiap album, title track biasanya akan mendapatkan promo dalam upaya agar lagu tersebut dikenal oleh para pendengar dan menduduki peringkat tinggi pada tangga lagu. Karena alasan inilah, penggemar juga pendengar kasual akan lebih mengingat dan fokus pada lagu utama di satu album dibandingkan dengan lagu-lagu lain yang ada di dalam album sama. Lagu-lagu lain inilah yang dikenal sebagai b-side track.

    Walau begitu, tidak jarang lagu-lagu b-side track yang berujung menduduki tangga lagu seiring title track karena ear catching dan enak didengar.




    Nah, Cosmo sudah memadukan 10 daftar lagu b-side Kpop yang patut kamu dengarkan, nih!


    1. 20 oleh CIX

    Sukses dengan debutnya lewat lagu "Movie Star", grup di bawah naungan C9 Entertainment ini tidak hentinya menyuguhkan lagu-lagu yang ear catching. Beranggotakan BX, Seunghun, Yonghee, Bae Jinyoung, dan Hyunsuk, grup yang memiliki arti "Complete in X" ini sudah mengeluarkan full-length albumnya OK Prologue: Be OK di tahun 2021 lalu.




    Salah satu lagu b-side mereka berjudul "20살 (20 Years Old)" ini rupanya lagu yang diproduksi di tangan BX selaku leader dari CIX, lho! Dan, BX pribadi mendeskripsikan "20살 (20 Years Old)" adalah lagu yang menyuntikkan semangat ke para dewasa muda di usia 20-an yang mengalami waktu-waktu sulit.




    2. 20cm oleh TXT

    Berada di bawah payung HYBE Entertainment (sebelumnya dikenal dengan nama Big Hit Entertainment) menjadikan TXT patut dipertimbangkan. Didapuk sebagai "adik" BTS rupanya tidak menghalangi kesuksesan lagu-lagunya yang bukan hanya satu kali menduduki tangga lagu dengan identitas dan ciri khas grup ini.



    Kali ini Cosmo ingin merekomendasikan salah satu dari b-side milik TXT. Dari album THE DREAM CHAPTER: MAGIC yang dirilis tahun 2019, 20cm menceritakan tentang perasaan seseorang yang berubah seiring ia dan temannya bertumbuh dan menjadi dewasa. Falling in love with a friend does not happen for everyone, but it definitely can happen. *winks*





    3. Days and Years oleh SHINee

    Grup yang debut sejak 2008 ini tidak mengenal kata 'habis' jika mengeluarkan karya mereka. Di setiap comeback-nya, SHINee membuktikan bahwa kemampuan mereka semakin apik seiring berjalannya tahun berkarir di dunia hiburan, terlebih K-pop. Bersama ONEW, KEY, Minho, dan Taemin, menggambarkan tentang hubungan yang meskipun mengalami kesulitan, mereka akan berbagi setiap harinya, setiap tahunnya, dan tidak akan berubah.

    Tidak hanya artinya saja yang menyentuh, suara ONEW berhasil membuat kita hanyut secara emosi dan tenggelam dalam lagu ini. Sudahkah kamu dengar?





    4. Rainbow oleh NCT Dream

    Setelah seniornya, kini Cosmo akan mengajak kamu mengenal adik-adik dari SM Entertainment. Putra bungsu dari agensi ini tidak henti-hentinya membuat terpukau. Debut di usia remaja hingga kini ketujuhnya menginjak usia dewasa, bersama NCT DREAM kita bisa melihat bagaimana mereka berkembang dalam menyuguhkan potensi serta bakat yang dimiliki setiap member-nya.

    Dari album terakhir mereka HOT SAUCE lagu "Rainbow" kaya akan vokal dari Mark, Renjun, Jaemin, Jeno, Haechan, Chenle, dan Jisung. Ciri khas vokal yang disuguhkan berhasil membuatmu lumer begitu didengarkan. Their voices are truly something else; no matter what they sing, it ends up sounding so beautiful.





    5. Embarassed (Blanket Kick) oleh BTS

    Siapa yang tidak mengenal BTS di era sekarang? Tujuh pemuda berbakat ini sejak awal menjanjikan begitu banyak hal di setiap albumnya. Tidak luput bahkan lagu-lagu yang ada dalam daftar b-side mereka di setiap comebacknya.

    Lagu yang memiliki arti literal "Blanket Kick" juga diartikan sebagai "Embarassed" adalah lagu b-side milik BTS yang menceritakan perasaan malu seseorang setelah melakukan hal memalukan atau yang disesali di depan orang yang disuka atau ditaksir. Seperti banyak di k-drama, di mana kita sering melihat tokoh menendang-nendang selimut saat mengingat kejadian memalukan atau disesali.




    6. My Sea oleh IU

    Mustahil tidak mengenal siapa nama IU di ranah musik K-pop. Penyanyi solo yang tidak pernah bosan menyapu lagu-lagu lain dan menduduki peringkat atas di tangga lagu ini pun memiliki banyak b-side yang patut sekali kamu dengar. Lagu ini menceritakan tentang IU di masa muda, yang dipanggil "Nak". IU pernah merasa tidak bisa berdamai dengan masa kanak-kanak dan remajanya, tetapi seiring berjalan waktu, dia akhirnya berdamai dengan dirinya sendiri.






    Lagu b-side milik IU ini begitu apik sehingga berhasil menduduki tangga lagu dan beberapa kali dicover oleh penyanyi lainnya. Salah satu diantaranya yakni Kim Sejeong, mantan member GUGUDAN.







    7. Not For Sale oleh ENHYPEN

    Tidak hanya TXT dan BTS, adik bungsu keduanya ini juga rupanya memberikan banyak judul dari b-side mereka yang tidak boleh dilewatkan. Mengutip kata Sunoo selaku salah satu  member dari ENHYPEN, banyak remaja di era sekarang bahwa kamu perlu memberikan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu (give and take), tetapi menurutnya hal ini tidak berlaku saat kamu jatuh cinta, 'benar-benar jatuh cinta'. Dari jawaban yang diberikan, betapa jelasnya bahwa mereka menyematkan arti yang dalam dalam musik mereka. Romantisnya.




    8. Pose oleh Red Velvet

    Lagu yang kerap kita dengarkan dan sempat viral di TikTok ini ternyata wajib banget kamu masukkan ke dalam playlist. Lagu b-side dari album Queendom ini rupanya sangat adiktif. Dengan tempo yang cepat sehingga memberikan perasaan senang juga kental dengan ciri khas Red Velvet maka tidak heran bahwa lagu ini sering direkomendasikan.




    9. Travel oleh MAMAMOO

    Diambil dari album berjudul sama, "TRAVEL" justru menjadi b-side untuk mini-album milik MAMAMOO di tahun 2020 ini. Lagu yang cocok sekali didengarkan kalau kamu ingin berpergian dengan teman ini memiliki arti tentang seorang yang bertanya dan mengajak sang kawan untuk menjelajah jauh, melarikan dari realita, dan ada untuk satu sama lain. Tentunya tidak mau kamu lewatkan dari playlistmu kala traveling bersama sahabat kamu, kan, Cosmo Babes?




    10. Drawing Our Moments oleh TAEYEON

    Sama dengan IU, tidak ada seorang dari industri musik K-pop tidak mengenal siapa TAEYEON. Menduduki tangga lagu dengan mudah, soloist yang juga leader GIRLS GENERATION ini begitu sering mengeluarkan album yang berhasil mencuri hati pendengarnya. Sukses semenjak debutnya, rupanya TAEYEON memiliki sederetan lagu b-side yang juga tidak kalah sering menduduki peringkat di tangga lagu, lho! Dan, dari sederetan itu, kali ini Cosmo ingin merekomendasikan lagu ballad yang diiringi gitar akustik, di mana liriknya tentang kenangan-kenangan berharga di kehidupan sehari-hari bersama orang terkasih.





    Bahkan lagu ini pernah dinyanyikan oleh Seungkwan SEVENTEEN, lho! Sudah dengar versi keduanya?






    Images: Dok. Youtube CIX, M2, SHINee, NCT Dream, BTS, KBS WORLD, ENHYPEN, RED VELVET, MAMAMOO, IT LIVE, SEVENTEEN

    Teks: Saca F.