Better You

4 Trik Menghindari Kesulitan Finansial di Akhir Bulan

  by: Redaksi       12/3/2012
  • Padahal tanggal di kalender baru menunjukkan angka belasan, namun... euhh, ketika melihat isi tabungan ternyata gaji bulanan Anda sudah habis semuanya! Namun sebelum terburu-buru mengeluh dan menyalahkan perusahaan yang memberikan gaji terlalu kecil, ada baiknya lho Anda melakukan introspeksi. Jangan-jangan kesulitan keuangan yang selama ini dialami terjadi karena kebiasaan buruk dalam mengatur uang lagi. Berikut beberapa trik Cosmo untuk mengatasi masalah tersebut.

    Membuat Daftar Pengeluaran

    Dengan membuat to-do-list belanja bulanan dalam kalender finansial secara terperinci, Anda bisa lebih mudah memprioritaskan jenis-jenis pengeluaran yang penting dan menghindari membelanjakan uang Anda untuk benda yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Dan yang terpenting adalah tetap disiplin pada rencana yang sudah disusun tersebut.




    Baca Juga: Cara Mudah Atur Anggaran Bulanan


    Cari Penghasilan Tambahan

    Saat ini walaupun Anda memiliki pekerjaan tetap di kantor, tidak ada salahnya untuk mencari pekerjaan sampingan untuk mensuplemen gaji bulanan. Kenapa tidak membuka bisnis kecil-kecilan? Anda bisa memulainya dari lingkungan kantor, semisal dengan menjual makanan camilan atau berbagai jenis busana. Namun tetaplah berlaku profesional dengan tetap mendahulukan pekerjaan utama Anda dan tidak menganggu rekan kerja di jam sibuk.


    Baca Juga: Ide Unik Mencari Uang Tambahan




    Batasi Hutang Kartu Kredit

    Jangan sampai penggunaan kartu kredit yang bukannya mempermudah hidup malahan menjadi beban. Biasanya masalah seperti itu terjadi karena Anda tidak bisa mengontrol penggunaannya, yang mengakibatkan Anda terlilit hutang yang besar setiap bulannya. Supaya lepas dari jeratan tersebut, bayar cicilan hutang segera setelah Anda mendapatkan gaji.


    Baca Juga: Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit


    Miliki Simpanan Uang

    Salah satu penyebab kenapa Anda mengalami kesulitan finansial adalah karena tidak memiliki cadangan uang tabungan di bank. Untuk itu sisihkan sekitar 30 persen gaji setelah Anda menerimanya. Simpan di rekening bank yang khusus dan usahakan untuk tidak memakainya—kecuali Anda benar-benar membutuhkannya. Sebisa mungkin hindari fasilitas kartu ATM pada rekening tersebut untuk menghindari pembelanjaan yang tidak perlu.

    (Calvin Hidayat/Sl/Gambar:Dok.Google)