Better You

4 Kelakuan di Social Media Yang Membahayakan Karier Anda

  by: Redaksi       13/3/2012
  • Social media memang memiliki banyak sekali manfaat, sebut saja mulai dari kemudahan untuk mendapatkan informasi dengan sangat cepat hingga membantu Anda untuk tetap keep-in-touch bersama teman-teman lama. Namun di lain sisi Anda juga harus ekstra berhati-hati lho, jangan sampai social media malah menjadi bumerang yang malah merugikan perjalanan karier Anda. So, berikut beberapa behavior yang harus dijauhi karena bisa merugikan reputasi Anda.

    Membuka Kebohongan Ucapan Anda

    Karena kejenuhan akibat pekerjaan yang semakin menumpuk, Anda ingin sekali berlibur. Namun cuti Anda sudah habis tahun ini dan bos tidak mungkin memberikan Anda liburan. So, satu-satunya cara untuk pergi dari kantor adalah dengan membolos. Bayangkan betapa marahnya sang bos bila mengetahui kelakuan Anda tersebut karena Anda membocorkannya lewat foto-foto di Facebook atau status di Twitter.



    Mengucapkan Kalimat Menyinggung SARA

    Memang Anda memiliki kebebasan untuk berbicara, namun harus diingat bahwa kebebasan Anda juga dibatasi dengan keharusan untuk menghormati orang lain. Status yang menghina satu golongan tertentu tak hanya akan menyakiti mereka, tapi juga akan membuat Anda terlihat tidak toleran. Dan bersiaplah menanggung akibatnya di kantor, karena secara tidak langsung Anda merupakan representatif dari perusahaan.

    Membongkar Rahasia Perusahaan

    Jika Anda membuka berbagai rahasia yang Anda tahu di muka umum, maka Anda sebenarnya telah menyalahi kewajiban sebagai seorang employee. Membagikan informasi internal perusahaan ke muka publik bisa dimanfaatkan oleh kompetitor bisnis untuk menjatuhkan perusahaan Anda. Jika Anda bingung dengan hal apa saja yang boleh diceritakan di depan publik dan yang tidak, tidak ada salahnya untuk mendiskusikan dengan bos Anda.



    Menjelek-jelekkan Rekan Kerja

    Tidak ada seorangpun yang suka menjadi bahan pergunjingan ketika mereka tidak ada. Termasuk rekan kerja dan bos Anda. Masalahnya jika Anda berbicara buruk tentang teman Anda, konsekuensinya mungkin dia hanya akan menjauhi dan malas berteman. Namun karena urusannya berhubungan dengan dunia pekerjaan, selain berisiko akan mendapatkan pemecatan, dampak panjangnya kredibilitas Anda juga akan menjadi buruk.

    (Calvin Hidayat/Sl/Gambar:Dok.Google)