Better You

Pecinta Kuliner Salmon? Kenali Manfaatnya Juga!

  by: Redaksi       21/3/2012
  • Did you know, ternyata di balik kelezatan sajian daging salmon di restoran sushi favorit Anda, terdapat kandungan omega-3 yang sangat tinggi dengan segudang manfaat baik. FYI, omega-3 sendiri merupakan asam lemak yang esensial namun tidak dapat diproduksi oleh tubuh kita, sehingga untuk mendapatkannya dibutuhkan asupan dari luar. So, ingin tahu manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan dengan tekstur yang khas ini? Simak!

    Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

    Dalam salah satu penelitian yang dipublikasikan dalam American Heart Association Journal Hypertension, ditemukan bahwa dengan mengonsumsi ikan dengan kandungan omega-3 yang tinggi minimal satu kali seminggu saja bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke hingga 90 persen. Wow! Selain itu mengonsumsi omega-3 juga dipercaya bisa membuat Anda mengurangi risiko terkena stroke, diabetes, dan juga obesitas.



    Membuat Anda Lebih Cantik

    Kecantikan wanita Yunani tersohor karena kulit mereka yang indah dan sehat. And you know what, mereka mendapatkannya melalui kebiasaan mengonsumsi ikan yang sarat omega-3 dan 6. Tak hanya itu, dipercaya bahwa kandungan tersebut bila dikonsumsi bersama minyak zaitun dapat memberikan dan mempertahankan kekenyalan pada kulit. Omega-3 juga diketahui memiliki efek anti inflamasi yang dapat melindungi kulit dari serangan sinar matahari.

    Pikiran Bebas Stres



    Merasa stres lantaran pekerjaan di kantor yang menumpuk? Ternyata dalam Archives of General Psychiatry ditemukan fakta bahwa mengonsumsi minyak ikan setiap hari dapat mengurangi tingkat kecemasan, insomnia, kepedihan, dan emosi negatif lainnya hingga 50%. Dan dalam studi lain juga ditemukan bahwa omega-3 bisa membantu mengatasi sindrom baby blues, yaitu perasaan sedih pasca persalinan.

    Membuat Seks Lebih "Panas"

    Walaupun membutuhkan studi lebih lanjut, Laura Berman, Ph.D, kepala klinik kesehatan wanita, meyakini bahwa minyak ikan dapat menjadi pembangkit libido yang ampuh. Diduga omega-3 memiliki kaitan erat dengan produksi dopamine, yakni hormon yang bertanggung jawab untuk membangkitkan gairah seksual. Sedangkan menurut Lynn Edlen-Nezin, PhD. penulis Food and Sex', kandungan gizi dalam ikan dapat meningkatkan libido karena bisa melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk alat kelamin.

    (Calvin Hidayat/Sl/Gambar:dok.Google)