Better You

Small Salary yet Huge Responsibility—What to Do?

  by: Redaksi       27/3/2012
  • Tak jarang banyak pegawai fresh graduate yang mendapatkan desk job yang sebenarnya tidak sesuai dengan gaji dan jabatan yang diterimanya. Menghadapi kenyataan seperti ini, seringkali pilihan populer yang dilakukan adalah resign dan mencari pekerjaan baru. Well, namun ada baiknya lho Anda menerima keadaan tersebut dan bertahan. Suze Orman, dalam bukunya The Money Book for The Young Fabulous and Broke, akan menjelaskan alasannya kepada Anda.

    Gunakan Tanggung Jawab Sebagai Sarana Promosi

    Ketika baru saja memasuki dunia pekerjaan, yang paling penting untuk Anda bukanlah besaran angka gaji yang diterima, namun lebih kepada kesempatan untuk mengembangkan diri lewat tanggung jawab yang diberikan. “Jika Anda secara konsisten memberikan impresi baik kepada manajer dan kolega Anda, kemungkinan Anda untuk mendapatkan promosi akan lebih besar,” jelas Suze.



    Jadikan Diri Sebagai Aset Berharga

    Memang sangat wajar bila Anda berpikir bahwa Anda lebih membutuhkan daripada dibutuhkan oleh sang bos. Namun Suze berpendapat bahwa sebenarnya Anda bisa membalik keadaan tersebut dengan bekerja keras dan produktif sehingga membuat bos malah menjadi tergantung dengan Anda. “Jangan hanya melakukan hal yang diharapkan saja, antisipasi apa yang mesti Anda selesaikan dan melakukannya tanpa harus diminta,” lanjut Suze.

    Tingkatkan Kemampuan Anda

    Semakin banyak pekerjaan maka secara otomatis semakin baik Anda menguasai pekerjaan. Membuat nilai dan skill yang Anda miliki semakin berkembang. “Hal ini akan menyebabkan bos Anda akan lebih mengapresiasi dan khawatir bahwa dia tidak dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa Anda,” ujar Suze. Setelah Anda telah menjadi aset kantor yang tak tergantikan, Anda memiliki kekuatan untuk menegosiasikan gaji.



    Jangan Terburu-buru Menaikkan Gaji

    Suze menjelaskan bahwa kunci untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik adalah kesabaran. Untuk itu, sebelum Anda menyelesaikan suatu proyek dengan baik jangan terburu-buru meminta kenaikan gaji. Karena hanya akan memungkinkan bos Anda memberikan tekanan besar dalam pekerjaan akibat kenaikan gaji yang diberikan.

    Sekarang Pilihan di Tangan Anda

    Ketika Anda telah menjadi anak buah bos paling penting di kantor, Anda dapat memiliki banyak pilihan. Bukan hanya dengan meminta kenaikan gaji, Anda juga memiliki pilihan lain untuk pergi. Berbagai proses yang telah Anda lalui dan pelajari telah membuat resume Anda menjadi sangat baik. So, jika bos Anda tidak memberikan gaji sesuai keinginan, yang Anda perlu lakukan adalah pergi dan mencari pekerjaan baru.

    (Calvin Hidayat/Sl/Gambar:Dok.Google)