Better You

Hindari Perasaan Iri Hati—Sekarang Juga!

  by: Redaksi       29/3/2012
  • Melihat keberhasilan yang diraih orang lain memang terkadang menyebalkan, terutama ketika Anda tahu bahwa mereka sebenarnya bekerja tidak lebih keras daripada Anda. You can't always get what you want, ladies. Namun yang harus Anda ingat: Jangan pernah membiarkan perasaan iri menguasai diri Anda. So, Cosmo akan memberikan Anda 4 langkah untuk lebih puas diri dengan cara yang simpel!

    Jangan Lihat Dari Satu Sisi Saja

    “Ketika Anda merasa iri, Anda seringkali hanya berkonsentrasi pada salah satu aspek yang dimiliki diri saja,” jelas George Bishop,Ph.D, seorang psikolog. Well, Anda mungkin saja merasa iri misalnya dengan teman yang berhasil bekerja di luar negeri dan mendapatkan penghasilan besar yang berlipat-lipat dari gaji Anda. Padahal tanpa sepengetahuan Anda, bisa saja dia sebenarnya saat ini merasa sangat kesepian dan pekerjaannya lebih berat dari yang Anda bayangkan.



    Fokus Terhadap Kelebihan Diri Sendiri

    Daripada terus berkutat dengan perasaan iri karena kelebihan yang dimiliki orang lain, akan lebih baik lho bila Anda mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Menikmati setiap momen sebagai bagian dari proses untuk menjadikan kelebihan Anda sebagai kebanggaan. “Kepercayaan terhadap kemampuan yang dimiliki diri sendiri akan meningkatkan kepuasan hidup hingga 40 persen,” jelas David Niven, Ph.D., psikolog dan penulis 100 Simple Secrets of Being Happy.




    Kenali Lebih Dalam Orang Lain

    Nobody's perfect. Maka daripada Anda terus-menerus iri dengan keberhasilan orang lain, cobalah untuk mengetahui gambaran besar kehidupan mereka. “Dengan mengenal lebih dalam diri seseorang yang kita iri, Anda dapat melihat keseluruhan hidupnya, bukan hanya bagian yang hanya Anda inginkan,” lanjut Bishop. So, ketika Anda memahami bahwa mereka juga memiliki kekurangan, Anda akan lebih bersyukur dengan banyak hal yang Anda miliki sekarang.

    (Calvin Hidayat/SL/Gambar:Dok.Google)