Better You

Anemia Pada Kehamilan

  by: Redaksi       13/3/2013
  • Kehamilan membuat tubuh Anda memproduksi lebih banyak sel darah merah untuk memastikan agar janin berkembang sempurna. Kebutuhan zat besi pun meningkat secara signifikan selama Anda hamil karena itu adalah zat penting dalam pembentukan hemoglobin, yaitu protein dalam sel darah merah yang membantu membawa oksigen ke sel-sel lain. Sayangnya, kebanyakan wanita sudah kekurangan zat besi, bahkan saat awal masa kehamilannya. Tak heran seiring bertambahnya usia kandungan, tubuh Anda pun sulit untuk mengejar ketinggalan zat besi. Itulah yang pada akhirnya menjadi penyebab anemia. Hal ini jangan dianggap remeh, Moms karena kekurangan zat besi sejak di dalam kandungan bisa memengaruhi bayi Anda bahkan hingga ketika ia lahir nanti.
    Cara terbaik untuk mengetahui apakah tubuh Anda memiliki cukup zat besi adalah melalui tes darah. Biasanya, ketika pemeriksaan awal kehamilan, Anda akan diambil darah untuk kemudian dilakukan tes (hematocrit) untuk mengukur persentasi sel darah merah di dalam tubuh. Sedangkan tes lainnya (hemoglobin), adalah untuk mengukur banyaknya kadar hemoglobin di dalam darah.
    Bahkan jika Anda tidak menunjukkan gejala anemia saat awal kehamilan, bukan berarti Anda bebas risiko. Agar lebih yakin, ada baiknya kalau Anda kembali melakukan tes darah pada akhir trimester kedua atau awal trimester ketiga.
    Jika Anda memang anemia, biasanya Anda tak akan mengalami gejala apapun, apalagi jika itu hanyalah anemia ringan. Anda mungkin akan merasa letih, sering pusing, dan kerap merasa lelah. Kondisi ini adalah kondisi yang sangat umum dialami wanita hamil yang tidak terkena anemia sekalipun. Anda mungkin juga akan terlihat lebih pucat dari pada biasanya (terutama pada kuku, kantung mata, dan bibir). Ciri-ciri lainnya adalah jantung berdegup lebih cepat, serta napas terengah-engah, hingga sulit berkonsentrasi.
    Bahkan beberapa penelitian menemukan hubungan antara kekurangan zat besi berat dengan ngidam hal-hal aneh yang tak bisa dimakan (sebuah kondisi yang disebut pica). Jadi jika suatu saat Anda mendadak merasa sangat ingin makan kertas, lilin, atau kaca, jangan buru-buru menyamakan diri Anda dengan kuda lumping, itu bisa jadi karena Anda kekurangan zat besi.  (Yoanita Listyawati/Image: Dok. Cosmo Pregnancy)



    tags: moms, heatlh, baby