Better You

Top 7 Pregnancy Power Foods

  by: Hagi       15/3/2013
  • Saat hamil, tubuh Anda akan lebih rentan terhadap anemia. Jadi Anda perlu mencegah gejala kurang darah selama kehamilan tersebut lewat diet yang tepat. Jangan salah pilih menu ya, Moms. Pencegahan terhadap anemia sebenarnya jauh lebih menyenangkan daripada yang Anda pikir. Berikut tujuh power foods yang wajib dicoba supaya Anda terhindar dari bahaya anemia saat kehamilan.

    Nuts and Beans
    Biji bunga matahari atau yang sering dijumpai dalam bentuk kuaci serta biji wijen merupakan snack yang sangat lezat dan berkandungan zat besi tinggi. Tak hanya itu, tapi masih banyak lagi kandungan bergizi tinggi di dalamnya. Semisal biji wijen, juga memiliki kadar protein, vitamin B, dan kalsium yang bahkan bisa menjadikannya pengganti susu, telur, daging, dan protein kedelai. Anda bisa menaburkan biji wijen sangrai ke atas nasi sebagai garnish setiap kali Anda makan. Gurih sekali! Sedangkan biji bunga matahari mengandung vitamin B1, B5, vitamin E, mineral, fosfor, protein, hingga asam folat yang juga sangat penting untuk perkembangan sistem saraf utama otak dan tulang belakang janin.

    Egg Yolk
    Meskipun telur bukan makanan berkandungan zat besi tertinggi, tapi kuning telur bisa menjadi iron booster yang cukup bagus buat Anda. Rebus telur lalu masukkan ke dalam kotak makanan dan santap sebagai snack sehat di kantor. Taburi garam dan lada, voila! Lezat sekali.



    Vegetables
    Mengonsumsi sayuran berdaun hijau wajib hukumnya saat Anda hamil, termasuk untuk membantu mencegah anemia. Zat besi banyak terkandung di dalam sayuran berdaun hijau, termasuk bayam. Dan tahukah Anda, kalau bayam bukanlah sumber zat besi yang bagus? Karena tak hanya memiliki kandungan zat besi yang rata-rata sama dengan sayuran hijau lainnya, bayam juga mengandung oxalic acid yang bisa menghalangi sekitar 90% penyerapan zat besi ke dalam tubuh.

    Blueberries
    Buah ini termasuk salah satu buah berantioksidan paling tinggi, yang sangat bagus untuk memperbaiki sel-sel tubuh dan mencegahnya dari kerusakan. Ini juga berarti bahwa blueberry bisa membantu menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, serta diabetes di kemudian hari. Juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu memulihkan tubuh dari infeksi. Dan ini penting, lho. Karena ketika hamil, tubuh jadi lebih rentan terkena infeksi.



    Raisins
    Ini satu lagi buah yang bisa jadi pilihan sangat bagus buat yang rentan terhadap anemia, karena kismis memiliki kandungan zat besi dan kalsium yang sangat tinggi. Di samping itu, rasanya pun lezat bukan main. Sesekali, campurkanlah kismis ke dalam yogurt dengan taburan granola, for a quick lunch on the go.

    Apricots
    Baik itu segar maupun yang sudah dikeringkan, aprikot sama-sama berkandungan zat besi yang bagus untuk tubuh Anda. Buah satu ini sebaiknya selalu ada dalam daftar belanja Anda tiap kali ke supermarket, atau Anda juga bisa menyimpan aprikot kering di lemari makanan Anda. Satu lagi, aprikot juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan bisa membantu mencegah konstipasi yang kerap dialami ibu hamil.

    Figs
    Figs atau yang dikenal juga dengan nama buah ara ini terkenal karena efek laksatif alaminya yang sangat bagus. Namun ternyata, karena juga mengandung zat besi yang tinggi, buah ara juga kerap digunakan untuk melawan anemia. Satu lagi, buah ini bagus sebagai solusi sehat buat Anda yang gemar mengunyah makanan manis.  (Yoanita Listyawati/Image: Dok. Cosmo Pregnancy)

    tags: tips, food, mom