Career

4 Aturan Baru Menjadi Pemimpin

  by: Redaksi       21/3/2013
  • Menjadi pemimpin berarti memegang tanggung jawab yang lebih besar, seiring dengan kuasa yang juga semakin besar. Tapi tidak semua pemimpin bisa berhasil membawa bawahannya untuk mencapai tujuan yang baik. Tidak sedikit juga yang  gagal ketika menjalankan peran pemimpin. Lalu pemimpin seperti apa yang akan berhasil? Sebaiknya Anda simak dulu beberapa poin berikut.

    Knowing That Change Is Happening
    Dulu mungkin saja menjadi pemimpin berarti duduk diam dan tinggal beri perintah. Di masa kini, aturan kerja seperti itu tidak berlaku lagi, darling. Pahami cara kerja kantor yang Anda pimpin dengan berkeliling dan bertanya mengenai tugas masing-masing karyawan. Semakin membumi Anda di mata karyawan, maka akan semakin loyal mereka pada Anda dan perusahaan sehingga mendorong produktivitas kerja.

    Understand That World Become Borderless
    Yes, dengan hadirnya internet, maka sistem komunikasi semakin lancar, pertukaran budaya terjadi setiap saat, dan dunia menjadi semakin tanpa batas. Pahami teknologi teranyar dan sosial media sehingga Anda tidak akan ketinggalan ya dear.



    Realize That Talent is Priceless
    Saat ini, bakat dan talenta dari sumber daya manusia harus dijaga baik-baik karena mereka akan dengan mudah pergi meninggalkan perusahaan Anda kalau tidak diperlakukan dengan benar. Bekerjasamalah dengan mereka, buat karyawan Anda nyaman dan diskusikan job desk yang akan membantu mereka bekerja secara maksimal.



    Be Specific
    Di era modern seperti saat ini, perlakuan yang disebut generalisasi tidak berlaku lagi, karenanya Anda harus paham bahwa cara mendekati pihak lain (karyawan maupun pasar) adalah dengan membuat hal atau tujuan yang spesifik, sesuai dengan kebutuhan segmen tertentu. Saran Cosmo, catatlah segala perkembangan dalam dan diluar kantor, lalu analisis perubahan apa yang diperlukan secara spesifik. Good luck! (Amanda Utari/IR/Image: iStockphoto/ThinkStock)