Better You

Yuk, Ubah Kebiasaan Buruk Harian

  by: Redaksi       7/3/2014
  • Beware honey, ternyata kebiasaan yang sepele bisa jadi hal yang berbahaya, lho! Yuk, mulai ubah beberapa hal berikut agar kesehatan Anda tak terusik.

    Saat Bangun Tidur
    Begitu membuka mata di pagi hari, hal yang pertama Anda lakukan adalah mematikan alarm, lalu terus bangun dan pergi menuju kamar mandi. Well, tahukah Anda kalau langsung berdiri setelah tidur berbaring berjam-jam bisa membuat semua aliran darah Anda langsung turun ke kaki? Akibatnya, otak jadi kekurangan suplai darah, sehingga tekanan darah berkurang secara tiba-tiba. Bahkan bisa sampai menyebabkan serangan jantung yang berujung kematian (sudden cardiac death). Berbaringlah dulu sejenak di tempat tidur. Boleh kok “mengumpulkan nyawa” terlebih dahulu sambil memeriksa semua akun sosial media Anda. Setelah beberapa menit, barulah Anda bisa beranjak ke kamar mandi.

    Saat Minum Obat
    Meminum obat dengan segelas teh manis tentu rasanya lebih menyenangkan, apalagi bagi Anda yang tak suka minum obat. Padahal sebenarnya teh mengandung tanin yang dapat mengikat berbagai senyawa aktif dalam obat, sehingga sulit diserap oleh pencernaan. Akibatnya, khasiat obat jadi tak maksimal dan sakit Anda pun akan semakin lama sembuhnya. Air putih tetap pilihan terbaik.



    Happy Hour Night Out
    Say good bye pada deadlilne yang baru saja usai, malam ini yang ingin Anda lakukan adalah hang out bersama sahabat sambil menikmati cocktails di bar dekat kantor sepuasnya karena Anda termasuk orang yang kuat untuk tidak mabuk. Salah. Ketahanan Anda terhadap pengaruh alkohol bisa jadi pertanda buruk. Itu artinya toleransi tubuh Anda terhadap alkohol sudah sangat tinggi akibat seringnya mengonsumsi minuman tersebut. Bahayanya, Anda akan semakin susah mengontrol diri dan tak akan berhenti sampai tubuh benar-benar rusak oleh alkohol.



    Duduk Terlalu Lama dan Camilan
    Dari delapan jam sehari yang Anda habiskan di kantor, berapa lama Anda duduk di belakang meja, sambil menatap layar komputer? Ditambah lagi dengan kebiasaan nonton TV di rumah ditemani camilan. Duh, banyak sekali kan waktu yang Anda habiskan hanya dengan duduk berjam-jam, apalagi sambil mengudap makanan ringan. Kebiasaan ini dapat menyebabkan perubahan kadar gula dan lemak dalam darah, sehingga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Tahu sendiri kan penyakit apa saja yang bisa disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah? Ayo lebih banyak lagi bergerak! (Muhtar Rais/IR/Image: iStock/Thinkstock)