Better You

Sakit Saat Datang Bulan? Cek Solusinya Di Sini

  by: RedaksiCosmopolitan       7/3/2014
  • Seorang sahabat Cosmo selalu izin tidak masuk kerja setiap bulannya karena sakit haid yang tiada terkira. Kram perut, pegal-pegal, hingga sakit kepala memang menjadi “santapan” rutin beberapa wanita saat datang bulan. Tidak ingin tersiksa terus-terusan setiap bulan? Cek solusinya di sini!

    Perut Kram
    Kram perut yang banyak dialami wanita sebenarnya terjadi karena rahim sedang berkontraksi mengeluarkan darah. Untuk mengurangi rasa sakitnya, cobalah aktif berolahraga sebelum masa haid tiba dan ketika kram perut menyerang, Anda dapat mengompres perut bagian bawah dengan botol plastik yang sudah diisi air panas.

    Lemas
    Perdarahan menstruasi dapat menguras cadangan zat besi dalam tubuh, terlebih jika Anda seorang yang mengidap anemia. Inilah yang biasanya membuat tubuh terasa lemas dan wajah terlihat lebih pucat. Solusinya, coba santap makanan yang banyak mengandung zat besi, seperti bayam atau daging sapi.



    Sakit Punggung
    Sakit punggung atau pegal-pegal juga biasanya dialami wanita ketika sedang menstruasi. Agar sakit punggung ini tidak mengganggu aktivitas, Anda harus tetap berusaha aktif dan minum lebih banyak air mineral dengan suhu sedang.



    Pendarahan Berlebih
    Beberapa wanita mengalami pendarahan disertai keluarnya gumpalan darah saat menstruasi. Hal ini membuat Anda harus menggunakan pembalut berlapis dan menggantinya setiap saat. Hmmm, jika pendarahan yang Anda alami belum begitu parah cobalah untuk beristirahat dan mengurangi konsumsi obat yang mengandung aspirin. Tapi jika pendarahan sudah melebihi batas normal dan berlangsung terus menerus, segera hubungi dokter.


    Infeksi Vagina
    Memakai pembalut selama lima hingga tujuh hari berturut-turut, hati-hati Miss Cheerful Anda jadi gatal dan infeksi. Untuk menghindari hal ini, cobalah mengganti pembalut setelah Anda buang air kecil maupun buang air besar. Selain itu pastikan area di bawah sana tetap bersih dan kering sebelum menggunakan pembalut. (Adhia Azka/VP/Image: Thinkstock)