Career

Improve Your Social Skills

  by: Redaksi       11/3/2014
  • Selain kematian, studi mengungkapkan jika kebanyakan manusia takut akan public speaking. Jadi, saat Anda merasa tak nyaman bertemu dengan orang baru atau berbicara di muka umum, Anda jelas tak sendirian! Penulis buku Convince Them in 90 Seconds or Less: Make Instant Connections That Pay Off in Business and in Life, Nicholas Boothman, mengungkapkan jika cara komunikasi paling efektif dengan orang lain, siapapun dia, adalah dengan membuat mereka menyukai Anda. Intip trik jitunya!

    Compliment Them

    Memuji dengan tulus adalah salah satu cara tercepat untuk membuat orang melihat Anda secara positif. Pujian bisa mengenai apa yang ia kenakan ataupun hasil baik dari pekerjaan mereka. Ini berhasil karena secara alamiah, sangat sulit untuk tidak menyukai orang yang memuji diri kita.



    Body Language

    Sangat penting untuk menunjukkan sopan santun dan rasa hormat Anda pada lawan bicara. Jangan pernah memberikan tatapan kosong, tangan yang dilipat menyilang di depan, atau melihat jam tangan saat ada yang sedang berbicara. Cobalah untuk terus tersenyum hangat dan menjaga kontak mata.

    Ask Questions



    Sudah bukan zamannya sekadar menjadi pendengar yang baik, karena hanya mendengar tanpa memperlihatkan bahwa Anda benar-benar mengerti dan tertarik akan konten pambicaraan, sama halnya Anda tidak mendengarkan apapun! Ingatlah poin-poin menarik, dan coba gali lebih dalam hal tersebut.

    Only About Positive Things

    Buat arah pembicaraan yang positif dan menyenangkan dengan obrolan seputar hobi, pengalaman travel, atau special interest. Hindari bergosip mengenai apapun atau hal-hal yang Anda benci, karena bagaimanapun Anda tak ingin terdengar seperti orang yang pesimis dan getir, bukan?    (Ruben William/FT/Image: iStock/Thinkstock)