Career

5 Hal ini Jauhkan Anda dari Bullying

  by: RedaksiCosmopolitan       18/3/2014
  • Sebagai seorang karyawan baru di sebuah kantor, Anda tentu akan merasa khawatir jika nantinya menerima perlakuan kurang menyenangkan dari beberapa karyawan senior. Namun Anda tidak perlu langsung panik, karena career consultant Andin Andiyasari akan berbagi tip agar Anda tidak jadi korban bullying di kantor.

    • Tingkatkan rasa percaya diri sebagai karyawan baru, tunjukkan bahwa Anda memegang kendali atas hidup Anda dan mampu bekerja secara profesional.
    • Jangan membiarkan diri sendiri menjadi korban dan mengharapkan perlakuan tersebut akan hilang lama-kelamaan. Hal ini ternyata hanya akan membuat psikis Anda semakin terganggu. Hadapi dan kuatkan mental untuk membela diri sendiri saat hal tersebut terjadi.
    • Jangan balik menyerang pem-bully atau memandang diri sebagai korban. Sebaliknya, tunjukkan sikap bahwa Anda adalah orang yang kuat dan tidak mudah dijatuhkan dengan kata-kata atau tindakan kasar. Kata-kata yang sedikit tapi mendalam atau sikap yang tenang mampu menunjukkan kematangan pribadi Anda lho.
    • Pikirkan solusi lain bila pem-bully semakin bertindak kasar. Misalnya, mempelajari peraturan perusahaan. Berkaitan dengan hal ini, bertemu dengan pimpinan HRD untuk mendapatkan solusi pertama sebelum menentukan langkah selanjutnya.  Kuncinya, berbuatlah selayaknya orang dewasa yang tahu apa yang harus dilakukan.
    • Jangan membatasi keputusan Anda. Bila Anda merasa perusahaan tidak mendukung untuk menghadapi hal ini sudah waktunya segera ambil keputusan untuk keluar.  Anda berhak mendapatkan yang lebih baik. Gunakan logika, berpikir jauh ke depan, dan hindari semua perasaan yang bisa membuat diri sendiri kecil. (Adhia Azka/VP/Image: thinkstock)