Better You

Teknik Meditasi Untuk Pemula

  by: Redaksi       25/3/2014
  • Siapa sangka, bermeditasi ternyata tidak sesulit yang Anda bayangkan. Beberapa teknik meditasi dari Cosmo berikut bisa Anda lakukan hanya dalam beberapa menit saja, namun ampuh untuk menenangkan pikiran. Bye bye stress!

    Teknik Pernapasan Dalam
    Teknik yang satu ini merupakan cara yang paling mudah dan mendasar untuk bermeditasi. Tutup mata, duduk yang tegak, lalu fokuskan pikiran pada ritme pernapasan normal Anda. Setelah beberapa lama dan merasa sudah mulai fokus, perdalam pernapasan Anda dengan mengambil napas panjang dan menghembuskannya pelan. Ulangi beberapa kali. Teknik ini membantu pikiran Anda menjadi lebih tenang.

    Meditasi Audio
    Mendengarkan musik juga bisa menjadi satu cara bermeditasi. Lain kali Anda merasa stres, dengarkan lagu-lagu yang menenangkan pikiran seperti lagu klasik atau instrumental. Sambil mendengarkan musik, bisa juga melakukan pelemasan otot tangan, kaki dan bahu yang membantu tubuh dan pikiran kembali segar.



    Jalan Sunyi
    Beberapa orang terkadang kesulitan untuk memfokuskan pikiran atau berkonsentrasi sambil berdiam diri di satu tempat. Untuk mengatasi ini, Anda bisa coba melakukan silent walking alias jalan sunyi, yaitu berjalan santai ke tempat-tempat favorit yang tidak berisi banyak orang dan tidak berisik. Pantai yang sepi, misalnya. Gerakan yang konstan seperti berjalan kaki bisa merangsang otak Anda untuk lebih fokus, lho.



    Meditasi Cahaya
    Cara lain untuk melakukan meditasi adalah dengan menyalakan sebuah lilin, kemudian fokuskan pandangan Anda pada nyala api di ujung lilin tersebut. Melatih pandangan pada satu objek secara konstan membantu Anda menajamkan kemampuan untuk fokus dan konsentrasi. Setelah mampu memfokuskan pikiran, Anda pun akan mampu mengendalikan emosi dan menghilangkan tekanan dari pikiran.   (Amanda Utari/IR/Image: ThinkStock)