Better You

Mengontrol Sifat Perfeksionis

  by: Redaksi       25/3/2014
  • Sesuatu yang berlebihan biasanya malah berujung tidak baik. Sama halnya dengan sifat perfeksionis. Rasa ingin menjadi sempurna yang terlalu berlebih justru dapat merugikan diri Anda. Jangan khawatir, simak tip Cosmo untuk mengontrol sifat perfeksionis Anda.

    Mulai Dari Diri Sendiri
    Ingat, tidak ada satu orang pun yang sempurna di dunia ini. Jadi Anda tidak harus memaksakan diri untuk menjadi sempurna, kan? Cukup dengan melakukan semuanya dengan sebaik mungkin, sesuai kemampuan Anda. Coba deh belajar melihat sisi positif dari diri Anda dan belajar puas dengan apa yang Anda miliki sekarang.

    Belajar Dari Orang Lain
    Orang yang memiliki sifat perfeksionis biasanya ingin selalu mendapatkan pujian dari orang lain. Sehingga terkadang kritik yang masuk justru dapat membuat Anda menjadi down. Padahal kritikan bisa bermanfaat bila Anda melihatnya sebagai bentuk masukan yang bermanfaat. Jadi, mulailah mendengarkan masukan orang lain untuk meningkatkan hasil kerja.



    Saatnya Fokus
    Karena memiliki sifat perfeksionis, terkadang Anda sering melupakan waktu dalam mengerjakan sesuatu. Alhasil, pekerjaan Anda yang lain malah jadi keteteran. Segera atasi dengan memasang deadline dan fokus pada pekerjaan yang harus Anda selesaikan agar tidak membuang waktu.



    Hadapi Ketakutan Anda
    Ketakutan yang sering dihadapi oleh orang yang memiliki sifat perfeksionis adalah bagaimana penilaian orang lain terhadap dirinya dan hasil kerjanya. Hadapi rasa takut ini dengan memikirkan bagaimana hasil akhir yang ingin Anda capai dan berhenti memikirkan bagaimana penilaian orang lain tentang Anda. Fiuhh, hidup terasa lebih ringan kan sekarang? (Kathryn Khulman/FT/Image: Fuse/Thinkstock)