Better You

Arti Bisikan Tubuh Ketika Ingin Makan Ini dan Itu

  by: Adya Azka       26/3/2014
  • Menjelang sore hari, seorang rekan kerja terlihat sangat mengidam-idamkan roti cokelat. Rasa manis nan lezat saat cokelat lumer di lidah langsung terbayang saat itu. Cosmo pun akhirnya tergoda untuk mencari kudapan bercitarasa manis.

    Pernah mengalami hal seperti itu? Ternyata, ketika Anda sedang mengidam-idamkan suatu makanan, saat itulah tubuh Anda mengirimkan sinyal-sinyal tertentu. Misalnya seperti yang Cosmo ulas berikut ini.

    Makanan Manis
    Jika Anda ingin menikmati beragam makanan manis, ternyata tubuh Anda sedang mengirimkan sinyal kekurangan magnesium dan vitamin B. Saat tubuh kekurangan vitamin B khususnya B6 dan B12 maka Anda akan merasa lelah dan terlihat tidak seceria biasanya. Selain itu, dengan ingin menyantap makanan manis berarti tubuh ingin meningkatkan serotonin yang merupakan hormon pembangkit rasa bahagia dalam otak. Jadi tidak salah bukan jika cokelat selalu menjadi pilihan utama untuk memperbaiki mood Anda?



    Makanan Asin
    Selalu ingin ngemil keripik kentang atau sejenisnya yang bercita rasa asin? Ternyata ada tiga hal yang menyebabkan tubuh mengirimkan sinyal tersebut. Salah satunya adalah karena kebiasaan menyantap makanan dengan kadar keasinan lebih tinggi daripada orang lain. Bagi yang sedang PMS, keinginan untuk mengecap rasa asin diakibatkan tubuh kekurangan mineral seperti kalsium. Untuk alasan lainnya, bisa jadi ada yang tidak beres dengan kelenjar adrenal dalam tubuh yang bertugas melepas hormon untuk merespon stres. Jika alasan terakhir yang Anda pilih, maka mengecap makanan asin ini akan diikuti dengan penambahan berat badan yang cukup signifikan.



    Makanan Pedas
    Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa makan tanpa sambal, hmm hati-hati karena itu berarti lidah sudah kurang sensitif akibat dari hantaman rasa pedas dari cabai. Jika Anda bukan orang yang harus selalu menyantap makanan pedas, bisa jadi tubuh Anda sedang mengalami peradangan atau kekurangan zinc. Untuk mengatasinya, perbanyak asupan daging merah tanpa lemak, avokad, seafood, dan sayuran dalam menu sehari-hari.

    Makan Daging
    Pusing dan tiba-tiba ingin menyantap daging atau steak mewah? Saat merasakan ini, ternyata tubuh sedang mengirimkan sinyal darurat karena menurunnya kadar zat besi. Cobalah menyantap daging merah untuk memperbaiki kondisi ini, Anda juga dapat menggantinya dengan asupan telur dan kacang-kacangan. (Adhia Azka/VP/Image: thinkstock)