Lifestyle

Liburan Ramah Lingkungan

  by: Redaksi       29/3/2015
  • Mulai jenuh dengan destinasi dan kegiatan liburan yang itu-itu saja? Simak pilihan tempat dan aktivitas Cosmo untuk berlibur, tentunya tetap sembari cinta lingkungan!

    Kembalikan Pada Asalnya
    Saat ini dunia memiliki tujuh jenis penyu dan enam di antaranya ada di Indonesia. Keberadaannya pun semakin terancam mengingat adanya perdagangan dan konsumsi telur penyu ilegal. Melihat hal ini, banyak kegiatan konservasi dan penangkaran untuk tetap menjaga keberadaan penyu laut, salah satunya berada di Pulau Derawan, Kalimantan Timur. Di sini Anda tidak hanya dimanjakan oleh pemandangan pantai yang indah, namun juga bisa ikut melihat penyu kecil yang dijaga oleh pusat konservasi. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat pelepasan tukik – bayi penyu – ke laut.

    Pohon Masa Depan
    Berbagai aktivitas dan kebutuhan kita dalam sehari-hari kebanyakan menggunakan pohon sebagai bahan dasar utamanya. Gunakan waktu liburan ini untuk menumbuhkan kembali paru-paru dunia dengan menanam bibit pohon sebagai bentuk kepedulian Anda. Menanam pohon jati di Cepu, Jawa Tengah, bisa dijadikan pilihan mengingat jenis pohonnya yang kuat cocok untuk daerah tropis dan sebagai harta oksigen bumi untuk masa depan.





    Sayangi Pantai
    Kasus abrasi atau pengikisan bibir pantai semakin meningkat setiap tahunnya. Penyebabnya antara lain penggerusan pasir oleh pihak tidak bertanggung jawab dan pengubahan hutan menjadi tambak. Hal ini bisa Anda perbaiki dengan melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon mangrove di pesisir pantai, seperti pantai Lhok Mee, Aceh Barat. Manfaat yang dihasilkan pun sangat banyak mulai dari menjaga kestabilan garis pantai, melindungi dari erosi serta abrasi, menahan sedimen hingga membentuk lahan, sampai berperan sebagai penyaring air asin menjadi air tawar. (Adhia Azka/Rienjani Bani/FT/Image:iStock/Thinkstock)