Career

5 Alasan Anda Tidak Diterima Kerja

  by: Redaksi       2/3/2015
  • Sudah menyebar lamaran kerja bahkan sudah diwawancara tetapi belum juga mendapatkan pekerjaan? Jangan patah semangat begitu ah, dear. Bukan berarti Anda berkemampuan kurang. Mungkin alasan-alasan berikut inilah yang menjadi penyebabnya.

    Gaji Tidak Sesuai Budget

    Ingat tidak saat Anda mengajukan gaji pada sebuah perusahaan, berapa nominal yang Anda minta? Nah, kemungkinan besar di situlah masalahnya. Anda tidak mungkin akan dipanggil lagi jika budget yang ditetapkan perusahaan tidak sesuai dengan pengajuan Anda.



    Ada Kandidat Lebih Kuat

    CV Anda sudah sangat meyakinkan, begitu pula dengan performa saat wawancara. Tapi kenapa belum dipekerjakan juga ya? Perusahaan tersebut bisa saja sudah menemukan kandidat yang lebih kuat daripada Anda. Semisal requeirement yang diharapkan oleh perusahaan tersebut adalah seseorang yang telah bekerja selama 3 tahun. Anda mungkin sudah bekerja selama waktu yang dikehendaki tetapi ada kandidat lain yang sudah bekerja lebih lama dari Anda.

    Anda Kandidat Pertama

    Apabila Anda adalah orang pertama yang melamar, kemungkinan Anda tidak diterima cukup besar karena perusahaan pastinya ingin mencari pembanding terlebih dahulu. Oleh sebab itu, setelah berbagai kandidat melewati tahap wawancara bukannya tidak mungkin perusahaan tersebut "melupakan" Anda.



    Terlalu Banyak Kandidat

    Bukaannya tidak mungkin jika Anda ditolak sebuah perusahaan karena kandidat yang masuk begitu banyak sehingga Anda memiliki banyak saingan. Terutama ketika Anda melamar di perusahaan besar. Lamaran yang menggunung dapat menutupi lamaran Anda, lho.

    Posisi Tersebut Diisi Secara Internal

    Kemungkinan lainnya Anda tidak lagi dipanggil adalah karena perusahaan tersebut telah mengisi posisi yang dibutuhkan oleh orang dalam perusahaan. Jangan salah, dear, banyak perusahaan yang membuka lowongan bukan hanya untuk orang di luar perusahaan tetapi juga di dalam perusahaan tersendiri. Sehingga ketika ada kandidat yang berasal dari dalam perusahaan dan dianggap lebih mengenal lingkungan perusahaan, tentu saja kandidat tersebut lebih dipilih. (Aulia Meidiska/VP/Image: Alliance/iStock/Thinkstock)