Better You

5 Olahraga Pelepas Stres

  by: RedaksiCosmopolitan       4/3/2015
  • Selain baik untuk kesehatan tubuh, berolahraga dengan teratur juga baik untuk kesehatan jiwa. Olahraga dapat meningkatkan mood dan mengalihkan pikiran Anda dari stres yang sedang dialami. Ini karena olahraga secara natural mengeluarkan hormon endorfin yang dapat melawan stres. Well ladies, lima olahraga sederhana di bawah ini rasanya patut dicoba untuk membantu menghilangkan stres.

    Berlari
    Olahraga yang satu ini memang terkenal dapat membuat tubuh dan jiwa menjadi lebih tenang. Bahkan, penulis terkenal seperti Haruki Murakami mengaku mendapatkan banyak inspirasi ketika sedang berlari. Menurut Journal of Neuroscience olahraga ini juga dapat mengurangi rasa gelisah Anda. Cosmo menyarankan untuk melakukan trail running di alam terbuka dibandingkan berlari di treadmill. Ini karena udara segar baik untuk ketenangan jiwa.

    Menari
    Siapa bilang menari bukan olahraga? Menari bahkan memiliki manfaat yang serupa dengan lari. Yap, bergerak mengikuti musik juga dapat melepaskan hormon endorfin. Menari benar-benar dapat mengangkat semangat dan mood Anda. Tidak heran dokter menyarankan pasien yang mengalami depresi untuk rutin menari. Selain itu, menari juga dapat meningkatkan memori otak, membuat tubuh menjadi lentur, dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.



    Yoga
    Bagi Anda yang suka olahraga yang penuh ketenangan, yoga bisa menjadi pilihan tepat. Yoga adalah olahraga yang mengedepankan keseimbangan tubuh dan jiwa dengan menggabungkan latihan peregangan, pernapasan, dan relaksasi. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa yoga dapat mengurangi stres dan rasa gelisah, serta meningkatkan keseimbangan dan kelenturan tubuh. Untuk para pemula, coba Hatha yoga yang memiliki gerakan mudah dan baik untuk manajemen stres.



    Pilates
    Olahraga yang tercipta tahun 1920an ini dirancang untuk membangun kekuatan, fleksibilitas, dan daya tahan otot tubuh. Mirip seperti yoga, pilates juga menggunakan konsep keseimbangan tubuh dan jiwa dalam gerakannya. Dengan prinsip pernapasan, relaksasi, konsentrasi, dan kesadaran tubuh, olahraga ini dapat mengurangi stres, memfokuskan pikiran, dan meningkatkan konsentrasi setelah latihan.


    Kickboxing
    Kickboxing terdiri dari berbagai gerakan meninju dan menendang yang penuh dengan disiplin. Melalui olahraga ini, Anda dapat melepaskan rasa marah yang berakhir pada ketenangan jiwa. (Hana Devarianti / VP / Image: Michael Reh/Fuse / Model released / Thinkstock)