Career

Kebiasaan Baik yang Dapat Meningkatkan Karier

  by: Redaksi       4/3/2015
  • Selain attitude, prestasi kerja yang baik adalah kunci sukses untuk meningkatkan karier. Namun, terkadang sulit untuk mencetak prestasi saat Anda terlalu terjebak dengan rutinitas kantor yang monoton. But you know what dear, beberapa kebiasaan kecil di bawah ini yang ternyata dapat membantu mengembangkan karier Anda lho. So do it now!

    To-Do List untuk Esok Hari

    Kebanyakan dari Anda akan langsung memeriksa e-mail begitu datang ke kantor. Padahal terlalu sibuk memeriksa e-mail dapat mengalihkan fokus dari hal-hal penting yang seharusnya segera dikerjakan. Lebih baik Anda siapkan to-do list yang harus dikerjakan sebelum memeriksa e-mail.



    Sarah Walton, CEO Better Way Moms bahkan merekomendasikan untuk membuat to-do list malam sebelum meninggalkan kantor untuk menuliskan tugas yang paling penting untuk dilakukan hari berikutnya. Dengan begitu, Anda akan lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal.

    Hitung Waktu Menyelesaikan Pekerjaan

    Untuk mengetahui apakah Anda benar-benar fokus dalam menyelesaikan pekerjaan, coba hitung waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Perhatikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu tugas, terutama untuk tugas-tugas yang penting. Kemudian analisa apakah Anda sudah menggunakan waktu tersebut dengan efisien atau belum. Dengan begitu, Anda akan lebih peka terhadap penggunaan waktu.

    Fokus pada Satu Pekerjaan



    Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa menyelesaikan beberapa pekerjaan secara bersamaan memakan waktu lebih banyak dibandingkan menyelesaikannya secara satu per satu. Yap, untuk hal-hal tertentu, ternyata multitasking bukan kebiasaan yang baik. Lebih baik Anda fokus pada satu pekerjaan sebelum beralih ke pekerjaan lainnya. Selain menghemat waktu, hasil yang didapatkan juga pasti lebih maksimal.

    Brainstorming dengan Rekan Kantor

    Melakukan brainstorming dengan rekan kantor dapat meningkatkan kreativitas Anda, lho. Sesi brainstorming adalah cara yang mengagumkan untuk mengumpulkan berbagai macam pemikiran dalam waktu singkat. Dengan melakukan brainstorming, Anda dapat melihat suatu topik dari sudut pandang yang baru sehingga akan timbul ide-ide segar yang penuh inovasi. Selain itu, kegiatan ini juga baik untuk membangun networking dengan rekan kantor.

    Rehat Sejenak

    Saat pekerjaan sedang menumpuk, hal terakhir yang dipikirkan adalah berisitrahat. Padahal rehat sejenak dari pekerjaan penting untuk menyegarkan otak Anda. Istirahat selama 10 hingga 15 menit terbukti dapat meningkatkan fokus, produktivitas, pengambilan keputusan, dan mengaktifkan kembali minat Anda pada pekerjaan. Jadi, tidak ada salahnya kok untuk bangun dari kursi kerja dan jauhkan diri dari layar komputer ditengah-tengah “badai” pekerjaan. (Hana Devarianti/VP/Image: AndreyPopov/iStock/Thinkstock)