Career

Tip Belanja Online Aman dari Situs Luar Negeri

  by: Redaksi       8/3/2015
  • Melakukan transaksi belanja secara online memang sudah sangat familiar di kalangan masyakarat Indonesia, tak terkecuali belanja online dari situs luar negeri. Kemudahan mendapatkan barang yang tidak dijual di Indonesia memang menggoda Anda untuk membeli secara online melalui situs luar negeri seperti Asos atau Netaporter. Namun, hati-hati dalam melakukan transaksi ini karena kini banyak modus penipuan saat belanja online dari situs luar negeri. Berikut adalah beberapa tip dari Cosmo agar belanja online menjadi lebih aman.

    Pilih Situs yang Terpercaya

    Hal yang paling penting saat berbelanja online dari situs luar negeri adalah memeriksa situs yang menyediakan barang yang ingin dibeli. Pilih situs yang memang terpecaya untuk mengirim barang ke luar negeri. Luangkan waktu untuk membaca komen tentang pengiriman barang ke luar negeri yang ada di situs. Ini agar Anda mengetahui reputasi dari situs tersebut.



    Selalu Baca Terms and Conditions Pengiriman Barang

    Yap, sebelum melakukan transaksi, penting untuk membaca terms and conditions pengiriman barang yang ada di situs. Ketahui kebijakan dari situs dalam melakukan pengiriman barang ke luar negeri. Biasanya mereka akan mencantumkan ongkos kirim, durasi pengiriman, hingga kebijakan jika barang tidak diterima atau rusak. Jika Anda masih ragu, jangan malu untuk mengirimkan e-mail atau menelpon situs tersebut untuk menanyakan sistem pengiriman barang ke Indonesia.

    Pahami Alat Pembayaran



    Kebanyakan situs belanja luar negeri menggunakan PayPal dan kartu kredit sebagai cara pembayaran. Beberapa situs juga menyediakan sistem pembayaran pengiriman uang melalui Western Union. Pahami kerugian dan kelebihan dari setiap jenis pembayaran sebelum memilih mana yang paling cocok untuk Anda. Tidak hanya itu, cermati pula modus penipuan yang sering terjadi di setiap jenis pembayaran. Hal ini penting agar Anda lebih waspada selama melakukan transaksi.

    Cermati Pajak di Bea Cukai

    Penerima barang kiriman dari luar negeri memang harus menanggung risiko untuk terkena cukai maupun bea masuk. Sebelum membayar, lebih baik Anda cermati dahulu pajak yang akan dikenakan oleh Bea Cukai Indonesia. Menurut Peraturan Menteri Keuangan, barang kiriman dari luar negeri dengan harga kurang dari 50 USD masih bebas bea masuk. Namun, jika lebih dari harga tersebut maka akan dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penghasilan (PPh), atau Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM). Penghitungan pajak dan bea masuk masing-masing barang pun akan tergantung pada harga paket yang Anda diterima dan ongkos kirim paket tersebut. (Hana Devarianti / VP / Image: gpointstudio/iStock/Thinkstock)