Beauty

Pinjam Meminjam Kosmetik, Amankah?

  by: Ainjia Phioltia Paat       11/3/2015
  • Anda pasti familiar dengan situasi di mana bedak wajah sudah habis sementara teman sekantor menawarkan “amunisi” untuk dipakai hari itu. Atau malah sebaliknya, sahabat ingin mencoba maskara baru Anda? Padahal, bukan mustahil biang jerawat atau bahkan penyebaran penyakit dimulai dari pinjam-meminjam peralatan kecantikan. Ladies, baca dulu aturannya sebelum menyesal kemudian!

    1. Foundation, bedak dan blusher
    Anda boleh meminjam foundation dalam kemasan botol dengan tutup pompa namun hindari memakai alas bedak berbentuk mousse bersama teman apalagi jika aplikasinya menggunakan jari. Jika Anda tak mau memicu timbulnya jerawat, tak usah pula meminjam bedak ataupun perona pipi.
    2. Eyeshadow, eyeliner, maskara dan makeup alis
    Sedapat mungkin, hindari pinjam-meminjam segala kosmetik yang dipakai di sekitar mata demi menghindari iritasi. Pengecualian berlaku bila berbentuk pensil yang bisa diraut. Sedangkan untuk eyeshadow dan eyeliner, Anda bisa menggunakan kuas sendiri jika zatnya padat dan bukan cair ataupun gel.
    3. Pemulas dan pelembap bibir
    Tahukah Anda bahwa virus penyakit seperti Herpes biasanya menyebar lewat mulut atau benda yang terkena kontak langsung walau hanya melalui bibir? Jadi, hindari meminjam ataupun meminjamkan lipstik, lip balm, dan sejenisnya!
    4. Alat manicure dan shaver
    Hindari tabiat memakai properti manicure milik salon ataupun meminjamkan perangkat kebersihan kuku Anda kepada orang lain. Sebaiknya, miliki perlengkapan manicure/pedicure secara pribadi dan bawalah setiap akan melakukan perawatan ke salon. Aturan yang sama berlaku untuk pisau cukur agar tak terjangkit virus seperti HIV.

    (Melur Pinilih/AP/Image: Nejron)