Career

Cara Mengatasi Bos yang (Ehmm) Kurang Profesional

  by: Ainjia Phioltia Paat       11/3/2015
  • Tak selama atasan itu memiliki jiwa kepemimpinan yang mumpuni. Dan jika Anda memiliki pengalaman berhubungan dengan bos yang kurang profesional, jangan terburu-buru untuk mengajukan surat resign. Lima trik dari Cosmo berikut bisa menjadi cara jitu untuk menghadapi atasan seperti ini.

    Jika Bos Anda... Tidak Menginspirasi
    Jika memang Anda memiliki bos yang tidak memotivasi Anda untuk lebih berkembang, jangan cepat putus asa. Motivasi bisa didapatkan dari orang lain kok, misalnya keluarga atau rekan kerja yang sudah lebih sukses.

    Jika Bos Anda... Terlalu Cepat Puas
    Setiap Anda mengerjakan tugas dengan kualitas yang sama seperti bulan-bulan sebelumnya, ia tak pernah komplain. Meskipun bos cepat puas dengan hasil kinerja Anda, cobalah untuk menentukan target sendiri. Biarkan diri Anda lebih maju selangkah daripada orang lain.



    Jika Bos Anda... Tidak Mampu Mengarahkan Karyawan
    Mungkin, ide yang dilontarkan si bos setiap meeting memang bagus. Sayangnya, ia tidak bisa menyampaikannya dengan rinci dan struktural. Jika hal ini terjadi pada Anda dan Anda belum memahami tugas yang diberikan, jangan segan untuk menanyakan langsung pada si bos ataupun rekan kerja dan senior di sekeliling Anda.



    Jika Bos Anda... Tidak Mau Kalah
    Seringkali prestasi yang sudah diraih oleh Anda diabaikannya. Tak hanya itu saja, yang lebih parahnya ia seringkali mengumbar-ngumbar jika prestasi yang diraih Anda adalah hasil kerjanya. Tentu malas kan menghadapi bos yang seperti ini? Kalau sudah begini, mulailah untuk mendokumentasikan secara rinci setiap proyek yang dikerjakan dan prestasi yang sudah diraih.

    Jika Bos Anda... Sering Beda di Mulut, Beda di Sikap
    Di tengah pengerjaan sebuah proyek, ia seringkali meminta Anda mengubah detail yang sudah disepakati. Terlepas bos sadar atau tidak dengan apa yang telah dilakukannya, cobalah untuk mulai menuliskan secara rinci kesepakatan yang dibuat antara Anda dan si bos. (Adhia Azka/VP/Image: wavebreakmedia/wavebreakmedia/thinkstock)