Beauty

6 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Retinol

  by: Ainjia Phioltia Paat       16/3/2015
  • Konon, wanita yang mengaplikasikan retinoid atau retinol akan menua dengan lebih baik dibandingkan dengan wanita yang tidak menggunakannya. Mengapa begitu? Karena retinol dipercaya mampu meningkatkan produksi kolagen, melembutkan kulit, meratakan warna kulit, dan menyamarkan bintik hitam pada wajah. Nah, agar hasilnya maksmal, pastikan Anda mengenal retinol dengan baik sebelum menggunakannya!

    1. Anda tidak perlu menggunakannya setiap hari. Coba mulai mengaplikasikannya 2 kali seminggu, dan jangan lupa untuk tetap menggunakan pelembap setelahnya. Setelah beberapa minggu, coba tambahkan jadi 3 kali seminggu.

    2. Anda harus menggunakannya di malam hari. Retinoid tidak akan berfungsi jika terpapar sinar matahari, kemampuannya akan hilang karena sifatnya yang photolabile.



    3. Lakukan peeling di rumah beberapa hari sebelum aplikasi retinol. Sel-sel kulit mati yang terangkat akan mempermudah retinol meresap ke dalam kulit dengan sel-sel kulit barunya.

    4. Bisa digunakan untuk kulit di sekitar mata. Karena area ini rentan dan biasanya merupakan area pertama dimana garis-garis halus muncul, maka Anda bisa tepuk-tepuk sedikit krim yang mengandung retinol pada bagian bawah mata, ujung luar mata, serta bagian bawah tulang alis. Hindari aplikasi yang terlalu dekat dengan area bulu mata bagian bawah.

    5. Jangan khawatir jika timbul sedikit reasi iritasi. Kulit wajah yang sedikit memerah dan terkelupas merupakan sebuah tanda dari retinoid yang bekerja dengan baik. Triknya adalah dengan memberikan jeda beberapa hari setiap kali Anda hendak mengaplikasikannya. Namun, jika Anda merasa iritasi pada wajah tidak juga membaik atau terasa seperti terbakar, coba ganti produk dengan formula yang dikhususkan untuk kulit sensitif.

    6. Hasilnya akan terlihat dalam beberapa bulan. Walaupun hasil dari pemakaian produk yang mengandung retinol ini tidak terlihat secara instan, bukan berarti skincare yang Anda gunakan tidak bekerja sama sekali. Produksi kolagen di dalam kulit akan bertambah seiring dengan aplikasi retinol dengan rutin. Kuncinya adalah sabar! Karena aplikasi retinol ibarat tabungan untuk kulit indah di masa tua. (A. Joharman/AP/Image: Internet)

     



    Baca juga: 

    5 Info Penting Soal Retinol yang Perlu Diketahui

    5 Antioksidan Terbaik untuk Mempercantik Kulit

    Tip Ampuh Mencegah dan Mengatasi Milia

    Manfaat Retinol untuk Kulit

    Hindari 3 Kombinasi Skincare Ini!