Better You

Makanan dan Minuman yang Bantu Anda Tidur Lelap

  by: Redaksi       17/3/2015
  • Memiliki masalah susah tidur dapat mengganggu kesehatan Anda. Selain membuat Anda mudah merasa lelah, kurang tidur dapat membuat Anda tidak produktif. Anda mungkin mengira apa yang dikonsumsi saat makan malam tidak memiliki pengaruh apa pun. Padahal mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat dapat membantu tidur, lho. Berikut di antaranya...

    Kacang Almond
    Kacang almond yang kaya akan zat magnesium dapat membantu Anda tidur. Magnesium sangat dibutuhkan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Sebuah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Journal of Orthomolecular Medicine menemukan bahwa tubuh yang kekurangan magnesium akan lebih sulit untuk tidur.

    Produk Susu
    Susu hangat memang terkenal dapat membantu Anda mengantuk dan tertidur. Hal ini juga berlaku pada produk susu lainnya, seperti keju dan yoghurt. Kandungan triptofan dalam produk susu akan memicu melatonin dalam tubuh – hormon yang mengontrol siklus tidur Anda. Selain itu, kalsium yang terdapat dalam produk susu juga membantu pergerakan otot selama tidur.

    Popcorn
    Yap, mengonsumsi popcorn tiga jam sebelum tidur dapat membantu Anda terlelap lebih cepat. Pilih popcorn dengan taburan keju parmesan. Seperti produk susu lainnya, keju parmesan memiliki kandungan triprofan yang akan memancing produksi melatonin. Sedangkan kandungan karbohidrat dalam popcorn akan membantu otak Anda menyerap triptofan yang lebih baik.

    Teh Kamomil
    Meminum secangkir teh kamomil dapat mengurangi ketegangan pada tubuh sehingga membuat Anda lebih cepat tidur. Menurut peneliti, minum teh kamomil dapat meningkatkan glisin, zat kimia yang membuat saraf dan otot menjadi rileks. Bahkan, zat tersebut juga berfungsi sebagai obat penenang ringan untuk tubuh. Tidak seperti teh lainnya, chamomile tea secara alami bebas kafein. Sehingga baik dikonsumsi sebelum tidur.

    Madu
    Mengonsumsi satu sendok makan madu bisa menimbulkan efek relaksasi dalam tubuh. Menurut pakar nutrisi Lindsey Duncan, gula alami yang ditemukan dalam madu dapat membantu zat tripofan lebih mudah masuk ke otak sehingga Anda akan lebih cepat tertidur. Mencampurkan madu dengan teh kamomil juga akan membuat tidur Anda jadi lebih nyenyak. (Hana Devarianti / VP / Image: doc. AmeliaFox/iStock/Thinkstock)