Love & Sex

Hilangkan Rasa Cemburu Dengan Cara Berikut

  by: Redaksi       18/3/2015
  • Merasa cemburu dalam menjalin hubungan bukanlah hal yang buruk. Namun, cemburu yang berlebihan tentu akan membuat pasangan tidak nyaman bahkan merusak hubungan yang telah dibangun. Ketika sudah “termakan” api cemburu, sudah saatnya Anda menguranginya dengan melakukan hal-hal ini.

    Jangan Termakan Emosi

    Cosmo tahu ketika sedang merasa cemburu, sulit rasanya bagi Anda untuk berpikir logis. Akan tetapi, termakan emosi cemburu justru akan memperkeruh keadaan. Sebelum melakukan konfrontasi dengan pasangan, penting bagi Anda untuk menelusuri alasan dari rasa cemburu yang ada. Jangan sampai akar dari rasa cemburu tersebut adalah hal yang tidak masuk akal. Usahakan pula untuk tetap tenang dan berpikiran terbuka selama membicarakan masalah dengan si dia.



    Tidak Mengungkit Masa Lalu

    Mengungkit masalah yang sudah terselesaikan saat melakukan konfrontasi dengan pasangan tidak akan menghilangkan rasa cemburu. Hal tersebut malah dapat membuat si dia merasa tidak nyaman. Selalu mengungkit masa lalu juga menandakan Anda belum siap untuk memaafkan dan mempercayai pasangan. Saat membicarakan perasaan cemburu kepada pasangan, lebih baik untuk fokus pada masalah yang belum terselesaikan. Dengan begitu, Anda dan si dia dapat meninggalkan masa lalu dan melangkah maju.

    Habiskan Waktu Bersama

    Jarang menghabiskan waktu bersama juga dapat menimbulkan rasa cemburu. Tidak mengetahui kegiatan si dia dan dengan siapa dia menghabiskan hari-harinya dapat membuat Anda merasa “tidak aman”. Selalu sempatkan diri untuk melakukan kegiatan yang dapat membangun koneksi dengan pasangan. Dengan menghabiskan waktu bersama, Anda dan pasangan akan lebih mengenal dan memahami satu sama lain.



    Bangun Rasa Percaya

    Cemburu dapat timbul karena rasa tidak percaya pada pasangan. Padahal hubungan yang sukses akan terjadi ketika kedua belah pihak saling percaya satu sama lain. Lagipula, si dia juga akan merasa lebih dihargai ketika Anda mampu memberikan rasa percaya kepadanya.

    Memaafkan

    Yap, memaafkan penting untuk menghilangkan rasa cemburu dengan pasangan. Setiap orang dapat melakukan kesalahan, tidak terkecuali pasangan Anda. Beri dia kesempatan untuk memperbaiki diri setiap kali dia melakukan sesuatu yang membuat Anda tidak nyaman. Memaafkan si dia juga dapat membantu proses membangun rasa percaya kepada pasangan. Tapi perlu diingat juga kalau Anda pun memiliki batas kesabaran yang harus ia hormati. Jika ia sudah melanggarnya berkali-kali, sudah saatnya Anda mengambil tindakan tegas. (Hana Devarianti / VP / Image: doc. Shironosov/iStock/Thinkstock)